Berita Surabaya

Bayi Kembar Siam Azila-Aqila di RSUD Dr Soetomo: Azila Dipindah dari Ruang ICU karena Alasan ini

Azila dipindahkan dari ruang perawatan ICU ke ruang perawatan inap anak Bobo RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Bayi Kembar Siam Azila-Aqila di RSUD Dr Soetomo: Azila Dipindah dari Ruang ICU karena Alasan ini
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Azila (kanan) sesaat setelah dipindahkan dari ruang perawatan ICU ke ruang perawatan inap anak Bobo RSUD Dr Soetomo Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu bayi kembar siam asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Azila Dewi Sabrina dipindahkan dari ruang perawatan ICU RSUD Dr Soetomo Surabaya, Rabu (4/9/2019).

Azila yang telah menjalani rekonstruksi ulang pascaoperasi pemisahan pada Rabu (14/8) lalu ini, telah dipindahkan ke ruang rawat inap anak Bobo.

Kini ia menempati satu ruangan yang sama dengan saudara kembarnya, Aqila Dewi Syabila.

dr Agus Harianti SpA(K), ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa kondisi Azila semakin membaik sehingga dapat dipindahkan ke ruang perawatan biasa.

"Hanya saja, yang perlu diwaspadai yaitu adanya infeksi. Oleh karena itu, kami mensterilkan ruang perawatan Aqila dan Azila. Kami membatasi orang yang masuk karena ini merupakan fase penyembuhan," ungkap Agus ditemui seusai pemindahan Azila.

Meski demikian, ungkapnya, Azila belum dapat makan secara optimal. Namun, semua nutrisinya dapat dipenuhi melalui infus.

Agus juga mengatakan bahwa akan dilakukan pemantauan terhadap kondisi Azila dan Aqila agar tetap stabil serta dapat bertumbuh kembang secara baik.

Mengenai rekontruksi ulang terhadap Azila selanjutnya, Agus mengatakan, terlebih dahulu melihat kondisinya nanti.

"Akan dibutuhkan rekontruksi ulang untuk payudara Azila yang letaknya miring. Namun, sekarang yang paling penting yaitu mereka bertumbuh kembang secara baik. Itu (rekontruksi) nanti dulu," Agus menjelaskan.

Raut wajah bahagia terpancar dari Selviana Dewi, ibu Azila dan Aqila ketika mengetahui anaknya, Azila, dipindahkan ke ruang perawatan biasa.

Sambil sesekali mencium anaknya, Azila, Selviana mengucap syukur. Ia bahagia atas perkembangan kedua buah hatinya itu.

"Alhamdulillah, sudah stabil. Saya percaya dengan tim dokter. Apapun keputusannya, itu lah yang terbaik," ungkap Selviana.

Sebalum Azila dipindahkan, Selviana mengungkapkan telah melakukan berbagai persiapan agar Azila merasa nyaman.

"Ruangan kamu bersihkan, sebelumnya dokter mengatakan bahwa harus steril. Persiapan lainnya yaitu stock popok yang lebih banyak bagi Aqila dan Azila," ungkapnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved