Pernah Nyaris Putus Sekolah, Winda Kini Jadi Lulusan Terbaik Unej

Nyaris putus sekolah saat duduk di bangku SMP, tidak dinyana, Erwinda Viantasari malah menjadi wisudawan terbaik dengan IPK nyaris sempurna di Unej.

surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Erwinda Viantasari saat diwisuda. 

SURYA.co.id | JEMBER  - Nyaris putus sekolah saat duduk di bangku SMP, tidak dinyana, Erwinda Viantasari malah menjadi wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,92 dalam wisuda periode I tahun akademik 2019 - 2020 di Universitas Jember (Unej).

Winda, demikian mahasiswi ini biasa dipanggil, menjalani wisudanya pada Sabtu (31/8/2019). Ada 900 orang wisudawan yang menjalani prosesi kelulusan perkuliahan tersebut.

Winda meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unej. Peraih IPK tertinggi ini adalah penerima beasiswa Bidikmisi.

Binar kebahagiaan tentunya terpancar dari wajah mahasiswi asal Kabupaten Banyuwangi tersebut. Winda tidak menduga bisa meraih IPK tertinggi mengingat dirinya pernah nyaris putus sekolah karena keterbatasan biaya.

“Sewaktu duduk di SMPN 2 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi, saya sudah hampir putus sekolah karena orang tua tidak mampu lagi membiayai sekolah," tutur Winda, Minggu (1/9/2019).

Namun berkat berprestasi, guru SMP-nya mendaftarkan Winda ke SMAN 1 Genteng, Banyuwangi, salah satu sekolah yang dikenal sebagai sekolah favorit di Banyuwangi. Di SMA, kembali WInda menorehkan prestasinya. Karenanya, dia mendapatkan keringanan biaya pendidikan.

Winda berasal dari keluarga kurang mampu. Orang tuanya, Pairin dan Siti Atiqah merupakan buruh tani di kampung halamannya di Banyuwangi.

Tanah keluarga seluas seperempat hektar tidak bisa dijadikan sebagai sandaran utama untuk hidup.

Tetapi Winda memang siswa yang penuh prestasi. Kala duduk di SMPN 2 Bangorejo, Winda selalu menempati rangking pertama secara paralel di sekolahnya selama lima semester berturut-turut hingga lulus.

Begitu juga saat belajar di SMAN 1 Genteng, Winda masuk dalam kelas unggulan dan namanya jadi langganan selalu masuk dalam deretan tiga besar siswa terbaik di SMAN 1 Genteng.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved