Ini Alasan Pentingnya Menangani Gigi Berlubang Sebelum Mengandung Menurut Dokter Spesialis

Permasalahan gigi, seperti gigi yang berlubang, sebagai contoh, ungkap Lila juga akan memberikan dampak buruk bagi janin yang ada dalam kandungan.

Ini Alasan Pentingnya Menangani Gigi Berlubang Sebelum Mengandung Menurut Dokter Spesialis
SURYA.co.id/Christine Ayu Nurchayanti
Dokter spesialis ortodontis Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr (RSIA Merr), drg Lila Muntadir (kanan), sedang berbagi pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ketika hamil. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dokter spesialis ortodontis Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr (RSIA Merr), drg Lila Muntadir mengatakan sangat penting menanggulangi gigi berlubang pada perempuan sebelum memasuki masa kehamilan.

"Pada ibu hamil, terjadi kenaikan hormon sampai sepuluh kali lipat. Kenaikan hormon ini juga dapat memicu rasa sakit apabila, misalnya, memiliki gigi berlubang, karang gigi, dan gigi tumbuh miring," ungkapnya, Sabtu (31/8).

Permasalahan gigi, seperti gigi yang berlubang, sebagai contoh, ungkap Lila juga akan memberikan dampak buruk bagi janin yang ada dalam kandungan.

"Gigi berlubang merupakan sarang kuman. Kuman dapat dibagi dua yaitu yang baik dan jahat atau patogen. Nah, patogen ini dapat sampai ke plasenta melalui aliran darah dalam tubuh," ungkap Lila.

Apabila hal tersebut terjadi, ungkapnya, tentu dapat menganggu tumbuh kembang janin. Risiko yang ditimbulkan di antaranya bayi lahir prematur.

Oleh karena itu, Lila menegaskan, sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut sebelum dan ketika memasuki masa kehamilan.

Namun, apabila ibu hamil terlanjur memiliki masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, cara yang paling efektif ialah melakukan perawatan khusus dengan dokter gigi.

"Jangan langsung beli obat pereda nyeri di toko tanpa pemeriksaan dokter dulu. Obat pereda nyeri juga berbahaya bagi janin," ungkap Lila.

Dengan memeriksakannya, dokter gigi akan melakukan perawatan intensif selama sembilan bulan agar gigi yang berlubang tetap steril.

"Kalau mau tindakan, bisa dilakukan ketika selesai proses melahirkan," ungkapnya.

 Namun, ungkap Lila, alangkah lebih baik jika menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Misalnya, mencegah gigi berlubang dan rutin membersihkan karang gigi.

"Jadi, sebelum hamil bahkan sebelum menikah, penting untuk memeriksakan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut," pungkasnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved