Breaking News:

Berita Surabaya

Baktiono Ketua Fraksi PDIP, Ketua DPRD Surabaya Tunggu Restu DPP, Tiga Sosok ini Kandidatnya

Ketua DPC PDIP Surabaya yang juga Kandidat Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono naik taksi ke kantor dewan, Kamis (29/8/2019).

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Parmin
surya.co.id/nuraini faiq
Ketua DPC PDIP Surabaya yang juga Kandidat Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono naik taksi ke kantor dewan, Kamis (29/8/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kandidat Ketua DPRD Surabaya periode 2019 – 2024 makin mengerucut. Kalau tidak Adi Sutarwijono alias Awi yang saat ini menjabat Ketua DPC PDIP Surabaya ya Syaifudin Zuhri atau Ipuk yang mantan Sekertaris DPC PDIP.

Keduanya bersaing untuk mendapat restu dari DPP PDIP setelah keduanya diusulkan sebagai kandidat ketua DPRD.

PDIP yang berhasil merebut 15 kursi mampu mendominasi 50 kursi DPRD. Sebagaimana aturan, peraih kursi terbanyak berhak atas kursi ketua DPRD.

Yang unik, Awi diusulkan oleh DPC PDIP Surabaya bersama Baktiono (Sekertaris DPC PDIP) dan Dyah Katarina (istri Bambang DH). Sedangkan Ipuk diusulkan DPD PDIP Jatim. Ipuk sendiri tidak masuk kepengurusan DPC PDIP.

"Hasil rapat Fraksi PDIP telah menetapkan Baktiono sebagai Ketua Fraksi PDIP. Kalau sudah menjabat ketua Fraksi artinya tertutup sudah peluang Baktiono sebagai ketua dewan," kata Sukadar, anggota Fraksi PDIP yang ikut dalam rapat fraksi, Kamis (29/8/2019).

Baktiono sempat dinominasikan sebagai kandidat ketua DPRD karena pengalamannya 5 periode ini jadi anggota dewan.

Dia diusulkan DPC PDIP sebagai kandidat bersama Awi dan Dyah. Baru setelahnya muncul nama Ipuk yang diusulkan DPD PDIP Jatim ke DPP sebagai calon ketua DPRD.

 Saat dikonfirmasi, Awi yang mantan wartawan Surya ini menegaskan bahwa dirinya mengikuti apa saja yang menjadi aturan partai.

"Saya harus tunduk dan mendukung apa pun keputusan DPP PDIP terkait ketua DPRD nant," kata Awi.

Untuk menjadi ketua DPRD Surabaya, PDIP membuat mekanisme tersendiri. Salah satunya adalah harus mengikuti uji kelayakan atau fit and propertest di DPP.

Semua kewenangan sepenuhnya ada di DPP untuk menetapkan siapa ketua DPRD Surabaya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved