Berita Surabaya

Summer Program 2019 Ubaya, Kenalkan Mahasiswa Asing Tulis Aksara Jawa Hanacaraka

Ubaya mengajak 26 mahasiswa asing menulis aksara Jawa atau Javanese Calligraphy

Summer Program 2019 Ubaya, Kenalkan Mahasiswa Asing Tulis Aksara Jawa Hanacaraka
surya/ahmad zaimul haq
Sebanyak 26 mahasiswa asing dari 10 negara mengikuti kegiatan Javanese Calligraphy dalam rangkaian Ubaya Summer Program 2019 di Perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya), Kamis (29/8/2019). Kegiatan itu untuk mengenalkan salah satu aksara tradisional Nusantara dan mengenalkan kesenian dan budaya asli Indonesia melalui pengenalan dan penulisan aksara Jawa atau Hanacaraka. 

SURYA.co.id SURABAYA - Universitas Surabaya (Ubaya) mengajak 26 mahasiswa asing menulis aksara Jawa atau Javanese Calligraphy. Kegiatan ini merupakan satu diantara Ubaya Summer Program 2019 bertema 'Product Design and Development : Indonesian Traditional Patterns'.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 26 mahasiswa asing dari 10 negara tersebut berlangsung 10 hari, (26/8/2019 - 4/9/2019). Para mahasiswa itu dikenalkan dan belajar seni budaya Indonesia.

"Acara ini secara berkesinambungan rutin dilakukan, bagi mahasiswa asing ini kami ajak untuk mengenal budaya Indonesia ke mancanegara," kata Direktur Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya, Adi Prasetyo Tedjakusuma BBus MCom, Kamis (29/8/2019).

Galeri Foto Mahasiswa Asing Ubaya Belajar Menulis Aksara Jawa Hanacaraka

Adi menuturkan Summer Program kali ini dikemas lebih menyenangkan dengan mengajak mahasiswa belajar di luar maupun di dalam ruangan.

"Kami juga mengajak mereka Surabaya city tour kemudian ke Trawas melihat gunung penanggungan dan kebudayaan Indonesia dari Jawa yaitu tarian," kata dia.

Dibimbing Dosen Program Studi Desain Fashion dan Lifestyle Fakultas Industri Kreatif (FIK) Ubaya, Christabel Annora Paramita Parung ST MSc, para mahasiswa menulis aksara Jawa Hanacaraka.

Antusias mereka terlihat saat belajar melafalkan dan menulis aksara Jawa di secarik kertas dan tinta lukis.

"Kami ingin mahasiswa ini mempunyai pengalaman yang baik terhadap budaya yang ada di Indonesia, kemudian mereka aware dengan karakter tulisan aksara Jawa," tutup Adi.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved