Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Gelar FGD Pahami Pidana Dalam UU ITE, Berikan Wawasan Pejabat Untuk Hindari Hoaks

Di zaman informasi digital seperti ini jika tidak bisa membedakan mana informasi yang positif dan negatif lebih baik tidak ikutan bereaksi

Pemkab Nganjuk Gelar FGD Pahami Pidana Dalam UU ITE, Berikan Wawasan Pejabat Untuk Hindari Hoaks
SURYA.co.id/Ahmad Amru Muiz
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat saat pimpin FGD bersama pejabat OPD Pemkab Nganjuk terkait pemahaman UU ITE. 

SURYA.co.id | NGANJUK - Upaya perdalam perspektif hukum pidana dalam Undang-undang Informasi Teknologi Elektronik (ITE), Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar Forum Group Discussion (FGD).

Hal itu dilakukan agar pemangku kepentingan dalam pemerintahan Kabupaten Nganjuk memiliki pemahaman UU ITE.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya FGD menjadikan para kepala OPD maupun camat dapat lebih mengetahui apa saja yang bisa dituntut di pengadilan terkait dengan penyalahgunaan teknologi.

"Sekarang sudah zaman canggih, saya yakin semua punya media sosial, di mana hal seperti ujaran kebencian, hoaks, pencemaran nama baik dan sebagainya biasa kita temui. Saya harap setelah FGD ini semua bisa paham mana saja yang bisa dipidanakan dan bisa menghindari hal tersebut," kata Mas Novi, panggilan akrab Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan Mas Novi, di zaman serba digital sekarang ini beraneka macam informasi setiap saat beredar begitu cepatnya. Dengan demikian, apabila tidak bisa membedakan mana informasi yang positif dan negatif lebih baik tidak ikutan bereaksi.

Karena bagaimana pun, ungkap Mas Novi, bila reaksi yang diberikan ternyata itu informasi negatif dan tidak benar maka bisa mendatangkan persoalan pidana masuk pelanggaran dalam UU ITE.

"Untuk itulah, melalui FGD ini bisa memberikan pemahaman lebih luas bagi OPD ataupun semua pejabat dalam menyikapi sebuah informasi," tutur Mas Novi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved