Berita Surabaya

Jalan Yos Sudarso Ditutup 6 Bulan, DPRD Surabaya Minta Sosialisasi ke Pihak Terdampak Harus Tuntas

penutupan Jalan Yos Sudarso ini tentu juga berdampak pada sentra kegiatan ekonomi dan sentra bisnis yang ada di jalan utama itu.

Jalan Yos Sudarso Ditutup 6 Bulan, DPRD Surabaya Minta Sosialisasi ke Pihak Terdampak Harus Tuntas
surya/ahmad zaimul haq
Suasana Jl Yos Sudarso yang akan ditutup selama kurang lebih enam bulan untuk pembangunan tahap empat proyek basement Alun-alun Balai Pemuda, Selasa (27/8/2019). Pemkot akan melakukan pengalihan arus lalin salah satunya ke Jl Simpang Dukuh. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selama enam bulan ke depan, mulai 1 September  2019 hingga Maret 2020, Jalan Yos Sudarso Surabaya ditutup total. Tak hanya lalu lintas, penutupan ini tentu juga berdampak pada sentra kegiatan ekonomi dan sentra bisnis yang ada di jalan utama itu.

Kabid Gedung dan Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, Iman Kristian, mengakui memang akan ada pihak atau stakeholder yang terkena dampak penutupan Jalan Yos Sudarso untuk pembangunan basement Alun-Alun Surabaya bawah tanah itu.

"Ada sekitar 48 stakeholder yang terkena dampak langsung pembangunan basement Alun-Alun Surabaya. Selain semua jaringan telepon, PLN, PGN, dan instalasi bawah tanah lainnya juga pusat bisnis kena dampaknya," tutur Iman, Rabu (28/8/2019).

Sejumlah pusat bisnis dan tempat usaha yang bakal terkena dampak pembangunan Alun-Alun Surabaya bawah tanah itu adalah Hotel Gerden Palace, Klinik Pusura, tempat praktik dokter perorangan, Graha Es Krim Zangrandi, Bank Mega, dan distributor PT Rukun Jaya Mandiri.

Semuanya terkena dampak akses ke tempat usaha mereka.

Namun, Iman menegaskan bahwa mereka tetap mendapat akses hingga ke lokasi tempat bisnis dan usahanya, termasuk untuk costumer dan calon pembeli mereka.

Semua bisa terakses ke lokasi namun harus memutar sesuai pengalihan arus.

"Pelaku bisnis itu tak tertahan dan tetap bisa menuju tempat bisnis mereka. Namun memang harus memutar. Itupun tidak jauh karena bisa lewat Delta Plaza dan taman Boulevar," kata Iman.

Pihak DKPCKTR menyatakan bahwa semua pihak ketiga yang terkena dampak penutupan Jalan Yos Sudarso itu sudah dilibatkan dalam sosialisasi rencana pembangunan Alun-Alun Surabaya.

Iman menyebut para pelaku bisnis di sekitar Jalan Yos Sudarso itu disebut bisa memahami.

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved