single Focus

Lift JPO di Surabaya Awalnya untuk Penyandang Disabilitas, kini Bebas   

Keberadaan lift di sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Surabaya tak lagi diperuntukkan bagi penyandang Disabilitas dan lansia.

Lift JPO di Surabaya Awalnya untuk Penyandang Disabilitas, kini Bebas    
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Kursi roda untuk penyandang disabilitas disiapkan Dishub Surabaya di Terminal Purabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Keberadaan lift di sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Surabaya tak lagi diperuntukkan bagi penyandang Disabilitas dan lansia. Namun, semua orang baik tua muda maupun umum kini bisa memanfaatkan fasilitas yang dirancang untuk Disabilitas ini.

Pantauan Surya.co.id di sejumlah JPO yang dilengkapi lift hampit tidak ada pengguna Disabilitas yang menggunakan fasilitas mewah itu.

Seperti yang terlihat di lift JPO depan Hotel Bumi Jl Basuki Rahmat. Menjelang siang hingga siang kemarin tak ada disabilitas dan lansia menyeberang. 

"Selama menjaga sejak tadi pagi tidak ada disabilitas menyeberang pakai lift ini. Kemarin-kemarin juga hampir tidak ada. Paling satu dua orang sepuh yang ditemani saudaranya," kata Andik, salah satu petugas Linmas yang saban hari menjaga JPO dengan fasilitas lift, Senin (26/8/2019).

Kondisi yang sama juga terjadi di setiap JPO yang dilengkapi lift di lokasi lainnya. Mimpi awalnya bahwa lift yang menempel pada JPO itu adalah khusus untuk penyandang difabel atau para lansia. Namun kenyataannya dimanfaatkan semua masyarakat.

 "Tidak masalah daripada tidak ada yang memakai. Saya senang karena tidak capek naik tangga. Selagi tak ada penyandang Disabilitas tidak ada salahnya dipakai penyebarang jalan normal seperti saya," ungkap Tutik Hidayati, salah satu karyawan swasta.

 Perempuan asli Malang ini mengaku salut dengan fasilitas publik yang disediakan Kota Surabaya yang ramah Disabilitas. Sampai JPO saja dilengkapi lift. Menurut Tutik, fasilitas lift di JPO ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang pernah dia lihat. 

Saat ini sudah ada 7 JPO yang dilengkapi lift. JPO canggih ini tidak sepersen pun dibangun dengan APBD Kota Surabaya. Fasilitas publik itu dibangun pihak ketiga dan fasilitas lift adalah CSR PT Warna Warni, perusahan reklame Surabaya.

 Keenam JPO  yang dilengkapi  lift itu  adalah JPO di Basuki Rahmat depan Hotel Bumi, JPO depan Tunjungan Plaza, JPO di Jalan Gubernur Suryo depan SMAN 6, JPO di Jalan Pemuda depan RRI, JPO Jalan Urip Sumoharjo, JPO Jalan Prof Moestopo depan FKG Unair, dan JPO Jalan Wonokromo depan Stasiun Wonokromo.

 
JPO Lift Ternyata Belum Disewa 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved