Berita Surabaya

Begini Salah Satu Cara Jauhkan Anak dari Ketergantungan Gadget Menurut Owner Puffy Bunny Soap Works

efek samping gadget bisa menimbulkan ketergantungan yang berakibat negatif, yang bahkan bisa juga dialami anak-anak

TribunJatim.com/Hefty's Suud
Rachel (6) dan Revalynn (5), menunjukkan sabun berbentuk cupcake yang dibuatnya bersama Christina Maria (kiri), owner Puffy Bunny Soap Works dalam Workshop Melt and Pour Soap Making di The Rosebay, Surabaya Barat, Minggu (25/8/2019). Kegiatan ini digelar untuk menjauhkan anak-anak dari ketergantungan gadget. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gadget saat ini sudah jadi bagian tak terpisahkan. Namun, efek sampingnya bisa menimbulkan ketergantungan yang berakibat negatif, yang bahkan bisa juga dialami anak-anak.

Menjauhkan anak-anak dari ketergantungan gadget, tentunya dibutuhkan bantuan orangtua. Owner Puffy Bunny Soap Works, Christina Maria, merekomendasikan kegiatan membuat sabun berbentuk cup cake. Dengan bantuan orangtua, kegiatan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, aman, dan bermanfaat bagi anak-anak.

"Juga kan ini bisa jadi ajakan supaya anak-anak tidak malas mandi dan cuci tangan. Karena sabunnya kan dia yang bikin sendiri," kata Christina dalam Workshop Melt and Pour Soap Making di The Rosebay, Surabaya Barat, Minggu (25/8/2019).

Alat pembuatan sabunnya adalah alat-alat yang ada di dapur, antara lain panci, kompor, telenan, pisau, dan sendok.

Bahan pembuatannya adalah soap base, essential atau fragrance oil, pewarna sabun, dan cup kue.

"Teknik pembuatannya gampang, yaitu melt and pour. Jadi soap base yang sudah dibeli, dicacah, lalu dipanaskan di dalam panci sampai benar-benar mencair," tutur Christina.

Soap base tersebut berwarna putih.

Apabila ingin memberinya warna, campurkan pewarna sabun atau pewarna kue ke dalamnya.

Untuk memberikan aroma pada sabun yang dibuat, teteskan juga essential atau fragrance oil ke dalam panci berisi soup base yang sudah mencair.

Selanjutnya, tuangkan sabun ke dalam cup kue yang sudah tersedia dan tunggu sampai adonan mengeras.

Halaman
12
Penulis: Hefty's Suud
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved