Berita Sumenep Madura

Baru 5 Hari Dilantik, DPRD Sumenep Madura Sudah Didemo, ini Tuntutan Mahasiswa Kepulauan Kangean

Baru lima hari dilantik, anggota DPRD Sumenep, Madura sudah digoyang demo sejumlah eleman masyarakat dan mahasiswa.

Baru 5 Hari Dilantik, DPRD Sumenep Madura Sudah Didemo, ini Tuntutan Mahasiswa Kepulauan Kangean
surya.co.id/moh rivai
Massa IMKS saat menggelar demo di depan gedung DPRD Sumenep menuntut kesejahteraan dan peningkatan infrastruktur warga kepulauan, Senin (26/8/2019). 

SURYA.co.id | SUMENEP - Baru  lima hari dilantik, anggota DPRD Sumenep, Madura sudah digoyang demo sejumlah eleman masyarakat dan mahasiswa. Salah satunya dari kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kangean Sumenep (IMKS), Senin (26/8/2019).

IKMS berunjukrasa ke kantor DPRD Sumenep di Jalan Trunojoyo Sumenep bersama sejumlah tokok masyarakat dan pemuda kepulauan Sumenep.

Mereka menuntut agar anggota Dewan yang baru duduk di kursi legislatif Sumenep, khususnya dari daerah pemilihan Kepulauan Sumenep benar-benar memperhatikan nasib dan kesejahteraan warga kepulauan seperti janji kampanye mereka.

“ Kita datang ke gedung rakyat ini untuk meminta komitemen para wakil rakyat yang sudah duduk di kursi empuk dewan dengan komitemen tertulis sehingga bisa dipertanggungjawabkan,” kata Nurul Amal, Korlap aksi IMKS dalam orasinya di halaman depan kantor DPRD Sumenep.

Dikatakan, pernyataan komitemen yang secara tertulis itu merupakan Kado khusus dari anggota DPRD Sumenep kepada masyarakat, khususnya kepulauan, terlebih untuk masyarakat kepulauan Dapil VI.

“ Kado ini sebagai bentuk keseriusan anggota Dewan yang baru dilantik. Makanya, jika memang niatnya sebagai anggota Dewan yang betul berpihak kepada masyarakat pemilihnya, ya ayo kota tandatangani pernyataan ini,” teriak Nurul Amal.

Setelah sekitar satu jam massa IKMS dan masyarakat kepulauan berunjukrasa, akhirnya Ketua DPRD Sumenep Sementara, KH Hamid Ali Munir, dan Indra Wahyudi wakil Ketua DPRD Sementara beserta dua anggota DPRD asal kepulauan, Abu hasan (Politisi PKB) dan Muta’im (Politisi Nasdem) menemui pengunjukrasa.

Di hadapan Ketua Dewan dan perwakilan anggota dewan asal kepulauan, IKMS dan masyarakat kepulauan mengajukan Enam kometmen yang dituntut dari warga kepualauan. Diantaranya, pemerataan Infrastruktur, penerangan listrik, pelayanan kesehatan, sistem telekomunikasi, pendidikan, dan pelayanan pembuatan identitas WNI.

“ Hal ini penting bagi warga kepulauan karena dari sejak Indonesia Merdeka hingga umur 74 tahun masih saja termarginalkan ketimbang daerah daratan. Ini dibuktikan dengan infrastruktur daerah kepulauan yang masih sangat buruk. Ini harus dituntaskan oleh dewan yang baru ini,” sambungnya.

Ketua DPRD Sementara Sumenep, Hamid Ali Munir menyatakan siap menampung enam tuntutan yang disampaikan IKMS bersama masyarakat kepulauan. Semua tuntutan akan dibahas bersama seluruh anggota Dewan, terlebih dengan anggota Dewan yang mewakili dari kepulauan, untuk mendata secara detail keputusan warga kepulauan yang ada dalam enam tuntutan yang disampaikan ke DPRD Sumenep.

“ Tentu semua tuntutan ini kami terima dan akan kita bahas bersama-sama anggota Dewan yang lain, terlebih dengan anggota dewan asal kepulauan. Sehingga tuntutan kawan-kawan ini bisa lebih fokus dan masuk dalam rencana pembangunan jangka pendek dan jangka panjang,” kata Hamid Ali Munir di hadapan massa pengunjukrasa.

Begitu juga dengan Abu Hasan, anggota DPRD Sumenep, dari PKB, juga tidak hanya dengan adanya unjukrasa dan tuntutan dari masyarakat, tetapi juga sudah menjadi agenda dia sebagai anggota Dewan yang baru saja terpilih untuk fokus pengembangan pembangunan di kepulauan dari segala aspek.

“ Itu sudah menjadi komitemen kami sebagai anggota Dewan asal kepulauan. Aspirasi masyarakat kepulauan tentu menjadi pelecut kami di Dewan untuk memenuhi kebutuhan mereka khususnya sarana dan prasarana,” kata Abu Hasan di hadapan pengunjukrasa yang sesaat kemudian membubarkan diri.

Penulis: Moh Rivai
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved