22 Kelurahan Di Kota Malang Ramaikan Festival Batik Malangan 2019

Sebanyak 22 Kelurahan di Kota Malang mengikuti gelaran event Festival Batik Malang 2019 yang di gelar di Taman Krida Budaya pada Senin (26/8).

22 Kelurahan Di Kota Malang Ramaikan Festival Batik Malangan 2019
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Salah satu stand milik kelurahan di ajang Festival Batik Malangan 2019 

Laporan wartawan Surya Malang, Rifky Edgar

SURYA.co.id | MALANG - Sebanyak 22 Kelurahan di Kota Malang mengikuti gelaran event Festival Batik Malang 2019 yang di gelar di Taman Krida Budaya pada Senin (26/8).

Mereka mengisi stand-stand yang telah disediakan oleh panitia dengan menampilkan beragam motif batik khas dari daerahnya masing-masing.

Kabid Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Malang, Heri S mengatakan, gelaran Festival Batik Malang 2019 menjadi ajang perlombaan bagi tiap kelurahan untuk menampilkan produk batik terbaiknya.

Setiap kelurahan tersebut dituntut untuk menampilkan produk unggulan dari batik, dan dinilai berdasarkan stand terbaik.

"Ini menjadi upaya kami untuk mencari pakem Batik Malangan itu seperti apa. Biar batik yang ada di kelurahan-kelurahan bisa dimunculkan. Dan ini merupakan kebanggaan dari produk lokal," ucapnya.

Tak hanya itu saja, gelaran Festival Batik Malang 2019 juga menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk saling memperkenalkan produk.

Heri berharap, melalui kegiatan ini pula nantinya akan terjadi transaksi dan perputaran uang yang cukup besar bagi para pelaku ekraf maupun para komunitas.

"Kami ingin mereka (pelaku Ekraf) bisa mengenal Batik Malang. Para pelaku Ekraf bisa ketemu. Karena ini merupakan nyawa dari Ekraf. Sementara untuk rohnya bisa terjadi transaksi, kemudian ada serapan tenaga kerja dan nilai ekspor. Ini potensi yang harus di kembangkan. Tapi yang terpenting adalah sinergritas," ungkapnya.

Sementara itu, Andi Aisyah Mukhsin, Lurah Tlogomas merasa bangga dengan Disbudpar karena telah membuat event besar seperti Festival Batik Malang 2019.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved