Single Focus

Terminal Purabaya Terus Berbenah Untuk Layani Komunitas Disabilitas

Terminal Purabaya terus didorong agar bisa memberi pelayanan yang lebih memuaskan, khususnya kepada komunitas disabilitas.

Terminal Purabaya Terus Berbenah Untuk Layani Komunitas Disabilitas
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
ursi roda disiapkan di dekat petugas Dishub Surabaya yang bertugas di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Kamis (22/8). Terminal Purabaya menyiapkan kursi roda, petugas Dishub dan PMI serta tangga untuk kursi roda agar penyandang disabilitas tidak kesulitan saat menuju bus atau menggunakan fasilitas di terminal. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebagai terminal percontohan kelas A, terminal Purabaya terus dimaksimalkan agar bisa memberi pelayanan yang lebih memuaskan, khususnya kepada komunitas disabilitas

Saat ini, bisa dikatakan Purabaya merupakan terminal dengan fasilitas difabel paling lengkap di Surabaya.Mulai tempat parkir hingga menuju bus, semua dibuat untuk memudahkan akses para difabel.

"Mulai parkir sudah ada rambu-rambu untuk difabel. Setelah dari parkiran, ada jalur khusus yang kami beri tanda hijau. Keramiknya (guiding block) juga khusus, ada jalurnya nanti," tutur Inderagani, Kepala UPT Terminal Purabaya, Sabtu (24/8).

Selain itu, di ruang tunggu tersedia enam kursi roda bagi difabel maupun lansia yang ingin menggunakan.

Sementara, jalur keberangkatan difabel turut dibedakan. "Tidak lewat lantai 2 tapi ada jalur khusus difabel di bawah, tidak harus naik. Petugas kami siagakan untuk mengantar difabel ke bus yang dituju," paparnya.

Tidak ada petugas yang disediakan khusus untuk melayani masyarakat difabel, karena semua petugas diwajibkan selalu membantu siapa saja yang membutuhkan.

"Semua petugas yang sedang piket, selalu bergantian, akan membantu difabel. Bahkan tidak dari petugas saja, orang-orang ticketing terkadang membantu juga. Jasa angkut juga, mungkin dia bawa barang banyak," tutupnya.

Buka pintu darurat

Terpisah, Kepala Sub Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat mengatakan, setiap hari sesuai shift tugasnya, petugas siaga membantu dan mengarahkan para disabilitas maupun lansia.

Sebab, akses ke jalur keberangkatannya di lantai dua naik eskalator. "Disabilitas jelas tidak bisa," ujar Imam, Minggu (25/8).

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved