Berita Ekonomi Bisnis

Pemerintah Siapkan Infrastruktur 4G dan Broadband hingga Daerah, ini Tujuannya

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membuka pameran The International 9th, Gamers Land Party (GLP) 2019 atau e-sports di Surabaya.

Pemerintah Siapkan Infrastruktur 4G dan Broadband hingga Daerah, ini Tujuannya
surya.co.id/sri handi lestari
Menkominfo Rudiantara (kanan) saat membuka event pameran The International 9th, Gamers Land Party (GLP) 2019 atau e-sports, di JX Internasional Expo, Surabaya, Sabtu (24/8/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara hadir dan membuka pameran The International 9th, Gamers Land Party (GLP) 2019 atau e-sports di JX Internasional Expo, Surabaya, Sabtu (24/8/2019).

Kegiatan yang digelar PT Electronic Sports Indonesia (ESID) itu berlangsung hingga Minggu (25/8/2019).

Saat membuka acara, Rudiantara menyebutkan, pemerintah telah menyiapkan insfrasruktur untuk mendukung perkembangan e-sports di daerah-daerah Indonesia.

"Kami telah menyiapkan infrastruktur. Karena yang memainkan game banyak melalui internet. Jadi yang dikembangkan tidak hanya 4G tapi broadband yang ada di daerah-daerah," kata Rudiantara.

Rudiantara mengatakan, pemerintah melihat banyak peluang yang bisa didapat dari e-sports, seperti bisa menjadi atlet di ajang Sea Games dan Asian Games.

Peluang kedua yang menjanjikan dari e-sports, adalah bisa dijadikan sebagai profesi. Saat ini e-sport bukan lagi jadi pekerjaan sambilan tapi profesi yang penghasilannya melebihi menteri.

"Ketiga, nanti kita tidak boleh diam hanya menggunakan game luar negeri. Gameloft yang dari Prancis yang mengembangkan adalah anak-anak di Yogyakarta. Artinya kita mempunyai kemampuan," ungkap Rudiantara.

Dia berharap, game yang ada sudah mempunyai karakter tokoh dari Indonesia seperti Gatot Kaca pada 2020. Dia percaya pengembangan e-sports akan berdampak pada perkembangan ekonomi di Indonesia.

Dia mencontohkan dalam satu acara e-sport bisa menghasilkan uang hingga miliaran rupiah.

"Tahun ini secara keseluruhan (dari e-sport) sudah mencapai 1 miliar dolar atau Rp14 triliun tambahan ekonomi," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved