Berita Surabaya

Kisah 2 Penumpang KM Santika Nusantara yang Selamat, Seharian Sigit dan Samuji hanya Minum Air Laut

Dua penumpang kapal motor (KM) Santika Nusantara berhasil selamat setelah dua hari berada di laut. Mereka hanya minum air laut untuk bertahan hidup.

Kisah 2 Penumpang KM Santika Nusantara yang Selamat, Seharian Sigit dan Samuji hanya Minum Air Laut
surya.co.id/willy abraham
Sigit dan Samuji saat ditemui petugas di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dua penumpang kapal motor (KM) Santika Nusantara berhasil selamat setelah dua hari berada di laut. Mereka berdua hanya minum air laut untuk bertahan hidup.

Sigit dan Samuji Tiba di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Minggu (25/8/2019) melalui jalur darat setelah ditolong nelayan dan tiba di Brondong, Lamongan.

Tanpa menggunakan alas kaki, kedua kernet truk itu langsung disambut Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongand dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen (TNI) Nugroho Budi Wiryanto di ruang tunggu eksekutif.

Mereka berdua dipersilahkan untuk menyantap makanan kemudian didata petugas.

Sigit yang merupakan kernet truk ini, menceritakan saat kejadian itu. Dia sedang berada di dalam kamar. Tiba-tiba muncul asap dan semua panik. Spontan dia langsung menggunakan pelampung. Saat keluar kamar, kondisinya sangat panik.

Menurutnya, ada 300 lebih penumpang di dalam kapal saat itu. Suara ledakan pun terdengar. Api membesar, para penumpang lainnya berusaha menyelamatkan diri.

"Saya tidak bisa renang Pak, tidak ikut perahu karet, tidak ikut sekoci langsung terjun ke laut," ujarnya.

Suasana malam yang gelap dan suara ledakan berulang kali terdengar dari kapal itu membuatnya pasrah di tengah perairan Masalembu. Dia tidak sendiri, salah satu penumpang lainnya, Samuji, warga Blitar juga terlihat di perairan.

Sejak Kamis malam, di hanya berada di sekitar kapal, bersama Samuji. Dengan segala keterbatasan, keduanya langsung mendekati kapal yang sedang terbakar itu.

Dia hanya bisa pasrah sambil menunggu bantuan datang.

Halaman
123
Penulis: Willy Abraham
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved