Single Focus

Curhatan Komunitas Disabilitas Soal Fasilitas Untuk Difabel di Surabaya

Fasilitas untuk disabilitas di Kota Surabaya memang terus diperbanyak. Tetapi, masih banyak hal yang harus dapat perhatian dari Pemkot dan Publik

Curhatan Komunitas Disabilitas Soal Fasilitas Untuk Difabel di Surabaya
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
ursi roda disiapkan di dekat petugas Dishub Surabaya yang bertugas di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Kamis (22/8). Terminal Purabaya menyiapkan kursi roda, petugas Dishub dan PMI serta tangga untuk kursi roda agar penyandang disabilitas tidak kesulitan saat menuju bus atau menggunakan fasilitas di terminal. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Fasilitas untuk disabilitas di Kota Surabaya harus terus dibenahi. 

Meski penambahan terus dilakukan, namun belum semua fasilitas itu bisa dinikmati komunitas disabilitas.

Pengalaman tidak menyenangkan dalam hal parkir dialami Slamet Purnomo, penyandang disabilitas sekaligus Ketua Disable Motorcycle Indonesia (DMI) Surabaya.

Menurut pria dengan tunadaksa yang menggunakan kursi roda ini, akses parkir untuk disabilitas belum ramah. Area parkir motor roda tiga, masih ditempatkan sama dengan parkir umum.

"Seperti di kantor-kantor pemerintahan, taman-taman, bahkan hotel pun jarang memiliki akses parkir yang baik bagi penyandang disabilitas," ungkapnya.

Selama ini yang ia tahu, lanjut Slamet, Dinas Sosial Jawa Timur dan Taman Kunang-kunang merupakan lokasi yang memiliki akses parkir yang baik.

"Saya pernah ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, sekitar 2017 lalu. Di sana, memang ada parkir khusus untuk motor disabilitas. Tetapi sejajar dengan parkir mobil umum. Padahal, lokasi parkir dari akses gedung yang mau dituju sangat jauh," ungkap Slamet.

Lain halnya dengan Taman Bungkul, seperti keberadaan ramp yang terlalu menanjak, sehingga menyulitkan pengendara kursi roda.

"Kalau pakai tongkat mungkin masih bisa, tetapi kalau dengan kursi roda susah," lanjutnya.

Tak hanya itu, Slamet menambahkan, tolet bagi penyandang disabilitas biasanya dijadikan satu dengan umum.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved