Berita Blitar

Sebelum Diamankan Densus 88, Terduga Teroris di Blitar Ternyata Sudah Lama Dipantau Petugas

Sekitar empat bulan sebelum diamankan ada anggota Babinsa yang datang ke rumahnya menanyakan kehidupan salah seorang terduga teroris di Blitar

Sebelum Diamankan Densus 88, Terduga Teroris di Blitar Ternyata Sudah Lama Dipantau Petugas
SURYA.co.id/Samsul Hadi
Kondisi rumah yang ditempati terduga teroris KJW di Jl Ir Soekarno, Lingkungan Jatimalang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Sabtu (24/8/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR  - Terduga teroris, KJW (48)  yang diamankan Tim Densus 88 Anti Teror di sebuah rumah di Jl Ir Sukarno, RT 2 RW 7 Lingkungan Jatimalang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, sudah dipantau petugas beberapa bulan terakhir ini.

Ketua RT 2 RW 7 Lingkungan Jatimalang, Susilo Iswanu mengatakan, sekitar empat bulan sebelum diamankan ada anggota Babinsa yang datang ke rumahnya menanyakan kehidupan KJW.

"Sekitar empat bulan lalu ada Babinsa yang tanya-tanya soal kehidupan sehari-hari KJW ke saya. Saya jawab seadanya, sepengetahuan saya," kata Iswanu, Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, kehidupan KJW biasa-biasa saja. Penampilannya juga sama dengan warga lainnya. Hanya saja, pribadi KJW memang tertutup. KJW jarang bergaul dengan warga sekitar.

"Kalau ngobrol ya kelihatan biasa-biasa saja. Dia sering olahraga lari-lari di lapangan dengan mengenakan pakaian seperti seragam silat," ujarnya.

Iswanu juga tidak bertanya detail ke Babinsa yang ketika itu menanyakan kehidupan sehari-hari KJW kepadanya.

Tapi di dari pertanyaan Babinsa dia menangkap ada sesuatu yang dicurigai dengan kehidupan KJW.

"Anggota Babinsa hanya sekali datang ke rumah saya tanya-tanya soal KJW. Katanya, perilaku KJW sedikit aneh dan mencurigakan," katanya.

Panji Kusuma Putra, warga yang tinggal di samping kanan rumah yang ditempati KJW dan keluarganya mengatakan KJW ditangkap di rumah. Saat penangkapan KJW bersama anaknya. Sedangkan istri sedang keluar.

"Penangkapannya sore, kayaknya dia sedang tidur dan istrinya keluar," katanya.

Dia tahu istrinya (KJW) keluar karena saat KJW dibawa Tim Densus, salah satu anaknya yang masih kecil dititipkan di rumahnya oleh polisi. Satu dari tiga anak KJW masih kecil, belum bersekolah.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, istrinya datang dan mengambil anaknya di rumah orangtua saya," ujarnya.

Meski tetangga dekat, Panji tidak begitu akrab dengan keluarga KJW. Dia juga mengaku tidak pernah mengobrol dengan KJW. Dia hanya sering melihat KJW pergi ke musala untuk jamaah salat magrib.

"Kalau penampilannya normal. Tapi jarang keluar. Saya sering melihat dia keluar saat hendak jamaah salat magrib di musala," ujarnya.

Pantauan di lokasi, kondisi rumah yang ditempati KJW terlihat sepi. Pagar besi rumah yang berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Blitar dengan Kecamatan Nglegok itu tertutup.

Densus 88 Sita Busur dan Anak Panah di Rumah Terduga Teroris di Jatimalang Kota Blitar

Satu dari Dua Terduga Teroris di Blitar yang Ditangkap Densus 88 Kerja di Bank

Ada beberapa bangunan di lokasi. Satu bangunan di depan modelnya seperti tempat pelayanan. Dinding bagian depannya banyak terbuat dari kaca. Sedangkan di samping kanan agak ke belakang bangunan itu ada bangunan rumah.

Bangunan rumah itu yang ditempati KJW dan keluarganya. Persis di belakang bangunan mirip tempat pelayanan juga terdapat bangunan lagi. Sedangkan di halaman samping bangunan mirip tempat pelayanan terdapat mobil terparkir.

Sebelumnya, dua warga diamankan Tim Densus 88 Anti Teror di wilayah Kota Blitar. Kedua warga itu berinisial KJW (48) dan JPS (47).

KJW tinggal di Jl Ir Sukarno, Lingkungan Jatimlang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Sedangkan, JPS tinggal di Jl Riam Kiri, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Selain di Kota Blitar, Tim Densus 88 Anti Teror juga mengamankan satu warga di wilayah Kabupaten Blitar. Satu warga yang diamankan berinisal S warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Total ada tiga orang yang diamankan Densus di wilayah Blitar pada Jumat (23/8/2019).

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved