Berita Bisnis

Transaksi Pembayaran Non Tunai Kini Makin Mudah dengan QRIS dari Bank Indonesia

Pembayaran secara virtual dianggap lebih praktis dan lebih cepat, karena orang tak perlu lagi mengeluarkan uang tunai saat berbelanja.

Transaksi Pembayaran Non Tunai Kini Makin Mudah dengan QRIS dari Bank Indonesia
surya.co.id/rahadian bagus priambodo
Sosialisasi QR Code oleh Bank Indonesia Jawa Timur 

SURYA.co.id | YOGYAKARTA - Saat ini, melakukan pembayaran secara virtual atau non tunai telah menjadi gaya hidup sehari-hari.

Pembayaran secara virtual dianggap lebih praktis dan lebih cepat, karena orang tak perlu lagi mengeluarkan uang tunai saat berbelanja.

"Gaya hidup sehari-hari pada saat ini orang lebih menyukai pembayaran virtual atau non tunai. Dengan pembacaran virtual, bisa membayar dengan cepat dan bisa membayar dengan pas,"kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur, Difi A Johansyah, pada saat acara Bincang-Bincang Media (BBM), di Pendopo Ndalem Restaurant, Yogyakarta, Kamis (22/8/2019) malam.

Melihat hal tersebut, Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS), pada 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Jakarta.

Difi menuturkan, peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran.

Sebelum siap diluncurkan, spesifikasi teknis standar QR Code dan interkoneksinya telah melewati uji coba (piloting) pada tahap pertama pada bulan September hingga November 2018 dan tahap kedua pada bulan April hingga Mei 2019.

QRIS mengusung tagline UNGGUL yang memiliki arti Universal, Gampang, Untung dan Langsung.
QRIS diharapakan dapat mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Transaksi dengan QRIS akan menguntungkan pembeli dan penjual. Sebab transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Selain itu, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

"Yang paling saya suka, setiap kali transaksi ada history dan juga akan muncul notifikasi. Jadi kita tahu, kita membelanjakan apa saja," katanya.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved