Berita Surabaya

Benteng Kedung Cowek Segera Bangunan Cagar Budaya, Pemkot Surabaya Kembangkan Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Surabaya bakal menjadikan Benteng Kedung Cowek sebagai kawasan bangunan cagar budaya

Benteng Kedung Cowek Segera Bangunan Cagar Budaya, Pemkot Surabaya Kembangkan Jadi Destinasi Wisata
surya/nuraini faiq
Warga berfoto di Benteng Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya, Kamis (18/7/2019). Benteng ini sejak era penjajah belum terjamah hingga saat ini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya bakal menjadikan Benteng Kedung Cowek sebagai kawasan bangunan cagar budaya. Bangunan peninggalan kolonial belanda itu, berada di kawasan pesisir utara Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan benteng tersebut akan direvitalisasi dengan berkoordinasi bersama Kodam V/Brawijaya. Sebab, kawasan Benteng Kedung Cowek itu merupakan teritorial Kodam V/Brawijaya.

"Tahapan yang harus dilakukan pertama, kami tetapkan dulu itu benteng menjadi Bangunan Cagar Budaya (BCB) dengan SK Wali Kota. Nanti kawasan itu direvitalisasi, selanjutnya kita kembalikan ke Kodam atau dikelola bersama-sama," kata Risma, Jum’at (23/08/2019).

Menurut Risma, ketika ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya, diharapkan akan semakin menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Surabaya.

Apalagi, kawasan itu merupakan salah satu konsentrasi Pemerintah Kota Surabaya untuk dalam pengembangan menjadi kawasan wisata.

"Kami lagi kembangkan kawasan di sana. Ada peninggalan-peninggalan (sejarah) yang juga bisa kita jadikan wisata," tutupnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved