Usman Jadi Ketua Sementara DPRD Sidoarjo

Usman, anggota dewan dari PKB dipilih menjadi ketua sementara. Sedangkan Suyarno, politisi PDIP menjadi wakil ketua sementara.

Usman Jadi Ketua Sementara DPRD Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Ketua DPRD Sidoarjo periode 2014-2019 Sullamul Hadi Nurmawan (kanan) menyerahkan palu kepada Ketua sementara DPRD Sidoarjo, Usman di sela acara pelantikan di gedung dewan, Rabu (21/8/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Proses pelantikan anggota DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 telah rampung digelar, Rabu (21/8/2018).

Usman, anggota dewan dari PKB dipilih menjadi ketua sementara. Sedangkan Suyarno, politisi PDIP menjadi wakil ketua sementara.

Mereka bakal menjadi pimpinan sementara sampai ada Ketua dan Wakil Ketua definitif sembari menunggu semua alat kelengkapan dewan terbentuk.

"Sebagaimana ketentuan, sebelum terbentuk pimpinan definitif. Dewan dipimpin oleh pimpinan sementara yang terdiri seorang ketua dan seorang wakil ketua," kata Usman di sela acara pelantikan.

Ketua dan wakil ketua sementara itu diambil dari dua partai yang memiliki perolehan terbanyak pada pemilu legislatif. Seperti diketahui, PKB punya 16 kursi dan PDIP 9 kursi hasil Pileg 2019 Sidoarjo.

Proses penyerahan tampuk pimpinan dewan digelar usai para anggota dewan menjalani sumpah jabatan. Secara simbolik, Ketua DPRD Sidoarjo periode 2014-2024 Sullamul Hadi Nurmawan menyerahkan palu pimpinan dewan kepada Usman.

Di kesempatan tersebut Wawan, panggilan Sullamul Hadi Nurmawan, sebagai pimpinan rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Sidoarjo 2019-2024 juga menyampaikan beberapa hal seputar kinerja dewan 2014-2019.

Diantaranya menggelar rapat internal dewan maupun dengan OPD, dialog interaktif dengan eksekutif dan masyarakat, kunjungan kerja, studi banding, bintek maupun reses untuk menampung aspirasi masyarakat, menerima kunjungan tamu dari daerah lain, dan berbagai kegiatan lainnya.

Tercatat ada rapat Badan Musyawarah sebanyak 106 kali, rapat Badan Anggaran 100 kali, rapat Badan Kehormatan 19 kali, Rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah 76 kali, rapat komisi A sebanyak 242 kali, rapat komisi b sebanyak 225 kali, rapat komisi C sebanyak 245 kali dan rapat Komisi D sebanyak 689 kali.

Dari hasil kerja DPRD Kabupaten Sidoarjo periode 2014 – 2019 dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya telah menetapkan 63 raperda, 11 diantaranya raperda inisiatif DPRD Sidoarjo.

"Saya bersyukur, lima tahun ini saya diberi kesempatan menjadi ketuanya orang-orang keren dan hebat," ujar Wawan.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved