Berita Tuban

Sedekah Laut, Warga Tuban Arak Kepala Sapi Untuk Dipancang

Dengan adanya sedekah laut ini, dia dan warga lain berharap agar masyarakat pesisir Tuban diberikan kesehatan serta rejeki yang berkah

SURYA.co.id | TUBAN - Puluhan warga yang tergabung dalam paguyuban nelayan Karangsari Timur, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, melakukan tradisi sedekah sedekah Laut, Rabu (21/8/2019).

Tradisi tersebut dilakukan dengan mengarak kepala sapi, dimulai dari depan gang masuk sebuah jalan hingga ke laut.

Berikutnya, kepala sapi yang dipikul oleh empat orang disertai rombongan itu lalu ditancapkan di sebuah tiang pancang di tepi lautan.

Ketua RT 2/RW 1 Kelurahan Karangsari, Widodo mengatakan, tradisi sedekah Laut sudah berlansung selama bertahun-tahun tentunya.

Sehingga, para warga di sini tetap berusaha melakukan kegiatan sedekah laut karena untuk melestarikan tradisi.

"Sudah lama tradisi ini, kita terus lakukan setiap tahunnya," ujarnya kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Dia menjelaskan, mengenai kepala sapi yang diarak untuk dipancang di tiang, diakuinya sudah merupakan warisan turun-menurun. Generasi sekarang tinggal meneruskan saja, agar tradisi tidak punah. 

Dengan adanya sedekah laut ini, dia dan warga lain berharap agar masyarakat pesisir Tuban diberikan kesehatan serta rejeki yang berkah, khususnya warga Karangsari.

"Ada panjatan doa-doa juga yang diharapkan, kesehatan dan rejeki. Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik bagi kita," Pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved