Berita Surabaya

Fadli Zon Minta Investigasi Menyeluruh Dugaan Represi Aparat & Diskriminasi Mahasiswa Papua di Jatim

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta agar dilakukan investigasi terkait dugaan represi aparat dan diskriminasi mahasiswa papua

Fadli Zon Minta Investigasi Menyeluruh Dugaan Represi Aparat & Diskriminasi Mahasiswa Papua di Jatim
istimewa
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberikan keterangan seusai ditolak masuk Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Rabu (21/8/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta agar dilakukan investigasi terkait dugaan represi aparat dan diskriminasi dalam bentrokan antara mahasiswa Papua dengan organisasi masyarakat.

"Ya itu kan sebagian yang ingin kami dapatkan klarifikasinya. Saya kira perlu ada investigasi," kata Fadli Zon pada awak media di Jalan Kalasan, Tambaksari, Surabaya, Rabu (21/8/2019).

Penyebutan bernada rasis yang ditujukan kepada para mahasiswa Papua pun, juga diminta Fadli Zon segera diusut tuntas. Politisi Partai Gerindra ini menilai isu rasial begitu sensitif.

Fadli Zon Bantah Ada Penolakan Masuk Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Begini Katanya

"Saya kira di seluruh dunia tidak boleh ucapan-ucapan seperti itu karena pasti akan menyakitkan," sambungnya.

Fadli Zon menyebut dirinya bersama beberapa anggota DPR RI juga berupaya membantu pihak Pemprov Jatim untuk menyelesaikan masalah tersebut, termasuk menggunakan pendekatan secara adat, yang coba diupayakan oleh beberapa anggotanya di kursi dewan.

"Rekan-rekan anggota DPR yang merupakan dari Dapil Papua dan Papua Barat sedang mencoba berkomunikasi secara adat," jelasnya.

Tak cuma itu, lanjut Fadli, saat ini pihaknya telah membentuk tim khusus untuk menyelesaikan kerusuhan yang sempat pecah di Papua Barat.

"Kemarin sudah mulai rapat. Kami ada tim juga tadi DPR yang memang khusus tim pemantauan Papua dan Papua Barat. Ini secara terus menerus kami lakukan," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved