Berita Lumajang

Tour d'Indonesia 2019 Melintas di Lumajang, Perhatikan Perubahan Jalur Lalu Lintas

Etape 3 Tour d'Indonesia 2019 menempuh rute sepanjang 195,90 KM dari Batu - Jember. Rute ini tentunya melewati jalur di Kabupaten Lumajang.

Tour d'Indonesia 2019 Melintas di Lumajang, Perhatikan Perubahan Jalur Lalu Lintas
Istimewa
Jalur yang dilewati dalam etape 3 Tour d'Indonesia 2019 di Lumajang pada Rabu (21/8/2019). 

SURYA.co.id | LUMAJANG - Kabupaten Lumajang termasuk jalur yang dilewati dalam etape 3 Tour d'Indonesia (TdI) 2019, pada Rabu (21/8/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, etape 3 Tour d'Indonesia 2019 menempuh rute sepanjang 195,90 KM dari Batu - Jember. Rute ini tentunya melewati jalur di Kabupaten Lumajang.

Kapolres Lumajang, AKBP M Arsal Sahban membenarkan penggunaan jalur Lumajang untuk etape 3 tersebut. Karenanya dia mengimbau masyarakat memperhatikan jadwal dan perubahan lalu lintas yang telah disiapkan oleh jajaran Polres Lumajang.

Wilayah Kabupaten Lumajang akan dilewati oleh rombongan pebalap Tour d'Indonesia 2019 adalah jalur nasional mulai dari Jalan Raya Ranuyoso - Klakah - Kedung Jajang - Terminal Wonorejo - Randuagung - Jatiroto (perbatasan Lumajang - Jember). Sesuai dengan kesepakatan antara pihak Satuan Lalu Lintas Polres Lumajang, Dispora dan Dishub, jalur tersebut akan disterilkan dari kendaraan dan semua pengguna jalan selama 1 jam sebelum dilewati oleh rombongan.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Lumajang telah menyiapkan 3 jalur alternatif bagi kendaraan lain agar tidak bersinggungan dengan rute yang dilalui oleh pebalap. Ketiga jalur itu yaitu; jalur Ranubedali tembus rel Ka Klakah, jalur rel KA Klakah keluar di SPBU Klakah, SPBU Klakah keluar Banyu Putih.

Selain itu ada pula jalur alternatif dari arah Jember menuju Probolinggo yakni sebanyak 4 alternatif yaitu; Simpang 3 Kedungjajang keluar Klakah, Simpang 3 PDAM Grobokan keluar di Pasar Klakah, Simpang 4 Ranuyoso keluar Desa Wonoayu, utara rel KA Wates Wetan keluar batas Kota Lumajang.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lumajang. Wilayah kami dilalui dalam acara Tour d'Indonesia. Saya mengajak seluruh warga Kabupaten Lumajang untuk menyukseskan balap sepeda ajang internasional ini, menonton secara tertib dan ikuti arahan petugas di jalanan. Selain itu saya berharap agar pengguna jalan untuk memilih jalur alternatif yang telah kami sediakan. Jika memang mendesak, kami juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir di sepanjang lintasan balapan. Inilah salah satu cara kita dikenal oleh masyarakat nasional bahkan dunia, bahwa warga Kabupaten Lumajang berpartisipasi dalam kesuksesan Tour d'Indonesia 2019,” ujar Arsal, Selasa (20/8/2019).

Selain mengamankan jalur pebalap, menyediakan jalur alternatif, juga kantong parkir, Polres Lumajang juga menyiagakan Tim Cobra Polres Lumajang yang akan bersiaga di kawasan perbatasan.

“Saya juga akan menyiagakan Tim Cobra Polres Lumajang yang akan 'stand-by' di perbatasan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kami inginkan. Even Internasional ini harus sukses karena menyangkut identitas bangsa, budaya kita dan keramahtamahan masyarakat Indonesia akan dikenang oleh para peserta Tour d'Indonesia,” tegas Arsal.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri SH menambahkan ada 7 titik kantong parkir bagi yang terlanjur memasuki jalur balapan.

“Kami menyiapkan 7 kantong parkir bagi kendaraan yang terlanjur masuk ke jalur balapan. Ketujuh kantong tersebut berada di SPBU Sukodono, SPBU Labruk Lor, timbangan Lempeni, Depot Brasil, SPBU Kedungjajang, JLT Utara dan JLT selatan. Saya berharap semoga acara ini dapat berjalan secara sempurna dan lancar,” ujar Giri.

Tour d'Indonesia 2019 sudah dibuka mulai Senin (19/8/2019) kemarin dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sore ini, para pebalap beristirahat di Batu setelah menyelesaikan etape 2. Mereka akan memulai etape 3 Batu - Jember mulai Rabu (21/8/2019) pagi. Secara keseluruhan Tour d'Indonesia 2019 menempuh jarak 825 KM terbagi dalam lima etape, melewati dua pulau (Jawa dan Bali) dan tiga provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali). Tour d'Indonesia diikuti oleh 20 tim berasal dari 26 negara.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved