Sambang Kampung

Sambang Kampung Eks Lokalisasi Kremil Surabaya yang Berubah Jadi Sentra UMKM dan Penggerak Ekonomi

Sejak eks lokalisasi Kremil atau Tambak Asri ditutup Pemkot Surabaya pada 2013 lalu, warga kawasan eks lokalisasi terus bergeliat bangkit

Sambang Kampung Eks Lokalisasi Kremil Surabaya yang Berubah Jadi Sentra UMKM dan Penggerak Ekonomi
surya/ahmad zaimul haq
Warga di Kremil tepatnya RW 6 Kelurahan Morokrembangan menunggu terealisasinya pembangunan sarana olahraga anak-anak dengan memanfaatkan lahan kosong yang sementara dipakai lahan parkir mobil. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejak eks lokalisasi Kremil atau Tambak Asri ditutup Pemkot Surabaya pada 2013 lalu, warga kawasan eks lokalisasi terus bergeliat bangkit. Kini, warga di Kremil tepatnya RW 6 Kelurahan Morokrembangan sudah berdaya dengan terbentuknya Koperasi Kremil Bersatu yang mewadahi banyak UMKM warga.

Sedikit demi sedikit, warga kawasan tersebut mulai menghasilkan produk unggulan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Tidak hanya itu, kini warga RW 6 juga tengah antusias untuk menunggu teralisasinya pembangunan sejumlah proyek fisik yang siap untuk mengubah wajah kawasan eks lokalisasi Kremil.

Lapangan olahraga di dua titik bakal siap direaliasikan di RW 6 lengkap dengan perbaikan sarana drainase yang kini sebagian sudah rampung. Diyakini warga, perhatian Pemerintah Kota pada eks lokalisasi Kremil adalah salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk memeratakan pembangunan hingga ke kawasan pinggiran.

Antusiasme warga menunggu pembangunan sejumlah fasilitas infrastruktur itu sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua RW 6 Karnoto.

Ia mengatakan bahwa selama ini memang untuk sarana olahraga anak-anak utamanya hanya memanfaatkan lahan kosong di belakang Balai RW.

"Tapi ya tidak representatif, lapangannya hanya lahan kosong biasa. Kami sudah mengajukan ke Pemkot dan alhamdulillah langsung mendapat respon. Pak Eri dari Bappeko langsung turun ke sini dan kita sedang menunggu, sebentar lagi katanya akan segera dibangun," kata Karnoto, Senin (19/8/2019).

Ia mengatakan warga sudah menyampaikan kebutuhan untuk infrastruktur yang dibutuhkan di kawasan kampung Kremil, mulai lapangan olahraga futsal maupun untuk voli.

Ada dua lahan yang bakal menjadi lokasi realisasi lapangan olahraga.

Pertama di belakang RW 6 dan juga di Tambak Asri di Gang Teratai.

Keduanya akan dibangun dengan konsep terbuka sehingga bisa digunakan lapangan serba guna. Lahannya cukup luas, sekitar 1500 meter persegi.

Halaman
1234
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved