Berita Gresik

Meriahkan HUT RI ke-74, Masyarakat di Gresik Guyup Rukun Hijaukan Lingkungan dan Hias Gapura

Selain, mengelola sampah menjadi bahan bernilai ekonomis, masyarakat di Sidokumpul juga menjadikan hasil sampah menjadi tabungan emas.

Meriahkan HUT RI ke-74, Masyarakat di Gresik Guyup Rukun Hijaukan Lingkungan dan Hias Gapura
SURYA.co.id/Sugiyono
Ibu-ibu PKK Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Gresik, meninjau penghijauan yang sudah dikerjakan oleh masyarakat, Selasa (20/8/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia dengan menggelar lomba kebersihan lingkungan dan menghias gapura. Kegiatan ini diharapkan bisa menjaga persatuan dalam kemerdekaan dan mengenang perjuangan para pahlawan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Ibu-ibu PKK, karang taruna dan bapak-bapak di kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, secara kompak membersihkan lingkungan dan menghias gapuro di gang-gang perkampungan.

Untuk membersihkan lingkungan, masyarakat tidak hanya membuat bak sampah. Tapi juga mulai dibuatkan daur ulang, ada bank sampah dan produk inovasi sampahnya. Kemudian lingkungannya dihijaukan dengan berbagai tanaman.

"Mulai dari sampah organik, sampah anorganik semuanya dikelola menjadi daur ulang. Kemudian lingkungannya dihijaukan," kata Ketua PKK Kelurahan Sidokumpul Tatik Erawati, Selasa (20/8/2019).

Selain, mengelola sampah menjadi bahan bernilai ekonomis, masyarakat di Sidokumpul juga menjadikan hasil sampah menjadi tabungan emas.

"Kegiatan ini kerjasama dengan BUMN Pegadaian Syariah, sehingga masyarakat akan menabung tanpa mengeluarkan uang, tapi hanya memilah-milah sampah," imbuhnya.

Dari kegiatan tersebut, menjadi kegiatan yang positif dalam mengisi kemerdekaan dan meningkatkan gotong royong serta keakraban sesama tetangga dan masyarakat.

"Jadi, selalu terjalin sikap persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Kegiatan lain untuk menjaga persatuan, kesatuan di masyarakat yaitu dengan lomba menghias gapura. Sehingga para bapak-bapak dan karang taruna bisa ikut menghias dan berkreasi untuk menggugah semangat nasionalisme.

Kegiatannya, bisa memasang umbul-umbul, bendera merah putih, mengecat gapura, memberikan lampu hias dan memasang foto-foto para pahlawan nasional.

"Kita ingin masyarakat memeriahkan HUT Ke 74 Republik Indonesia," kata Lurah Sidokumpul Umaya.

Atas meriahnya lomba-lomba 17 Agustus, Umaya menyampaikan banyak terimakasih kepada perusahaan yang telah membantu baik secara anggaran dan logistik. Sebab, tanpa dukungan perusahaan, kegiatan akan kurang meriah.

"Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya PT Petrokimia Gresik, PT PJB up Gresik, PT Pertamina Lubricants dan pegadaian syariah. Mereka ikut menunjang perekonomian masyarakat dalam mengelola lingkungan," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved