Persebaya Surabaya

Bonjarlity, Komunitas Bonek Jarak-Dolly, Lawan Stigma Negatif dengan Kebaikan

Bonjarlity jadi salah satu komunitas suporter Persebaya yang memperjuangkan citra positif Bonek.

Bonjarlity, Komunitas Bonek Jarak-Dolly, Lawan Stigma Negatif dengan Kebaikan
istimewa/dok pribadi
Bonek Jarak Dolly Community atau disebut Bonjarlity saat memberikan santunan bagi Janda dan Dhuaafa di markas Bonjarlity saat Ramadan 2019 lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bonek Jarak Dolly Community atau disebut Bonjarlity jadi salah satu komunitas suporter Persebaya yang memperjuangkan citra positif Bonek. Perjuangan itu tak mudah, lantaran yang dilawan adalah stigma negatif di masyarakat.

Apalagi, markas Bonjarlity terletak di bekas lokalisasi Dolly, Surabaya, yang sempat dikenal dengan hal-hal negatif. Ini bukan perkara mudah bagi anggota Bonjarlity untuk tebarkan kebaikan, terlebih mengangkat citra positif Bonek Persebaya.

Pembina Bonjarlity, M Nasiq, mengatakan awal mula dibentuknya Bonjarlity bermula 2017 silam diinisiatori Edy Gunawan yang menjadi ketua hingga saat ini. Mereka mengajak teman-teman Bonek yang ada di sekitar lokalisasi Dolly kumpul di salah satu wisma.

Potret Bonita Dinda Ayudhia Pramesty, Harus Pintar Mengatur Waktu

"Dulu kami sering bergerombol di gang dolly. Ada beberapa bekas wisma yang kosong tanpa penghuni dan tidak ada yg menjaga. Salah satu wisma tersebut kami jadikan markas. Usia anggota kami rata-rata 10-18 tahun," kenang Nasiq.

Tidak langsung miliki nama Bonjarlity, awal kebaradaannya bernama Gerembolan Bonek Jibrat.

Namun, beberapa waktu kemudian berganti nama BONJARLITY (Bonek Jarak Dolly Community).

"Itu sesuai saran dari Bonek LGR (Bonek Lost Gak Rewel) yang usianya di atas kami. Ketua dan inisiator pendirian Bonjarlity adalah Gunawan," kata Nasiq.

Angin segar datang pada 2018, atau tepatnya setahun setelah Bonjarlity berdiri.

Bonjarlity digandeng Pesantren Jauharotul Hikmah dan disewakan sebuah rumah bekas wisma di gang Dolly untuk dijadikan markas Bonjarlity.

"Ada juga seorang ustaz yang tinggal di sana untuk membimbing kami," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Khairul Amin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved