Berita Jember

Universitas Jember Miliki 7.948 Mahasiswa Baru Angkatan 2019, Mereka Diterima lewat 6 Jalur ini

Universitas Jember miliki 7.948 mahasiswa baru angkatan 2019, mereka diterima lewat enam jalur seleksi.

Universitas Jember Miliki 7.948 Mahasiswa Baru Angkatan 2019, Mereka Diterima lewat 6 Jalur ini
surya.co.id/sri wahyunik
Rektor Universitas Jember (Unej) Moh Hasan secara simbolis melantik ribuan mahasiswa baru di Stadion Universitas Jember, Senin (19/8/2019). 

Surya.co.id | JEMBER - Sebanyak 77.948 orang mahasiswa baru masuk ke Universitas Jember tahun angkatan 2019. Ribuan Maba ini dilantik oleh Rektor Universitas Jember (Unej) Moh Hasan di Stadion Universitas Jember, Senin (19/8/2019).

Data Bagian Humas Unej, para mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 ini terdiri atas 7.177 mahasiswa jenjang sarjana, dan 711 mahasiswa jenjang diploma.

Jumlah mahasiswa baru tersebut diterima Universitas Jember dari enam jalur masuk, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Diploma.

Selain itu lewat Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR), Alih Jenis jenjang diploma ke sarjana, dan jalur Afirmasi mahasiswa asal Papua dan Daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unej, Zulfikar, animo pendaftar ke Universitas Jember melalui jalur SNMPTN mencapai 21.663 siswa. Sementara dari jalur SBMPTN mencapai 40.173 orang, angka ini mejadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor delapan di Indonesia dengan animo terbesar di jalur SBMPTN. Dari jalur PMDK-Diploma sebanyak 624 siswa, jalur SBMPTBR ada 19.298 orang, dan dari jalur Alih Jenis ada 100 peserta.

“Secara keseluruhan dari semua jalur masuk, ada 81.901 peminat yang ingin kuliah di Kampus Tegalboto (sebutan untuk Unej), namun hanya 10,87 persen saja atau 8.903 yang diterima di tahun ini. Dari jumlah tersebut 7.948 calon mahasiswa baru melakukan registrasi ulang. Namun data ini belum mencakup mahasiswa baru Program Pascasarjana,” jelas Zulfikar.

Zulfikar menambahkan saat ini Universitas Jember memiliki empat kampus, di Tegalboto Jember, di Bondowoso, Lumajang dan yang terbaru di Pasuruan. Di kampus Bondowoso terdapat 363 mahasiswa baru, sementara di kampus Lumajang ada 111 mahasiswa baru, dan kampus Pasuruan menerima 85 mahasiswa baru.

“Tahun ini Universitas Jember juga menerima 29 orang mahasiswa baru dari jalur Afirmasi Mahasiswa asal Papua dan Daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) . Sementara untuk mahasiswa asing ada 8 orang, mereka berasal dari Pattani, Thailand sebanyak 7 orang dan satu orang dari Madagaskar,” imbuh Zulfikar.

Sementara itu dalam sambutan pelantikannya, Rektor Universitas Jember Moh Hasan meminta semua mahasiswa baru Universitas Jember untuk memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri (PTN) secara baik.

“Mari implementasikan rasa syukur diterima di PTN melalui giat belajar. Manfaatkan masa kuliah dengan mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya, tidak melulu di bangku kuliah tapi juga dengan mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan. Jadikan Kampus Tegalboto, sebagai kawah candradimuka penempaan Anda dalam rangka menggali ilmu sesuai bidangnya masing-masing sebab Anda calon penerus bangsa Indonesia,” ajak Moh Hasan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved