Berita Nganjuk

Tahun 2020, Siswa Sekolah, PNS dan Pekerja Swasta Akan Diwajibkan Pakai Batik Khas Kabupaten Nganjuk

Diwajibkannya pemakaian seragam batik khas Nganjuk merupakan salah satu upaya membranding kain batik khas Nganjuk.

Tahun 2020, Siswa Sekolah, PNS dan Pekerja Swasta Akan Diwajibkan Pakai Batik Khas Kabupaten Nganjuk
surya.co.id/ahmad amru muis
Salah satu batik khas Nganjuk yang diperagakan seorang model pria, Senin (19/8/2019). 

SURYA.co.id | NGANJUK – Tahun 2020, siswa sekolah mulai TK hingga SMA, PNS, Pekerja Swasta, dan lainya di Kabupaten Nganjuk bakal diwajibkan memakain seragam pakaian batik khas Nganjuk.

Kewajiban memakai seragam batik khas Nganjuk tersebut rencananya akan dituangkan dalam peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Nganjuk.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan, diwajibkannya pemakaian seragam batik khas Nganjuk merupakan salah satu upaya membranding kain batik khas Nganjuk.

Di samping itu, dengan mewajibkan pemakaian seragam pakaian batik khas Nganjuk juga sebagai upaya untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Nganjuk sehingga lebih berkembang.

“Pandanglah ini sebagai langkah nyata kami dalam ikut mendorong usaha kain batik khas Nganjuk untuk lebih dikenal di pasar Nasional maupun pasar Internasional,” kata Mas Novi, panggilan akrab Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat usai melaunching batik khas Nganjuk, Senin (19/8/2019).

Dijelaskan Mas Novi, dalam tahap awal sebelum mewajibkan pemakaian seragam batik mulai tahun 2020 mendatang di Kabupaten Nganjuk, pihaknya akan terlebih dahulu mendorong instansi terkait untuk melakukan pembinaan terhadap produsen atau perajin batik khas Nganjuk.

Di mana produk batik khas Nganjuk harus memiliki standarisasi sesuai dengan kualitas pasar.

Dengan demikian, keberadaan kain batik khas Nganjuk mampu bersaing di pasar.

Di samping itu, ungkap Mas Novi, pihaknya juga akan meminta kapasitas produksi kain batik dari para produsen atau perajin batik di Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dimaksudkan agar nantinya bila kebijakan kewajiban memakai seragam kain batik digulirkan maka kebutuhan kain batik bisa dicukupi dari Nganjuk.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved