Potret

Revindia Carina: Tema Lingkungan Tak Ada Matinya   

Briket daun kering tidak saja memberi nilai manfaat karena sampah yang semula tak dipakai bisa jadi bahan bakar briket.

Revindia Carina: Tema Lingkungan Tak Ada Matinya    
surya.co.id/nuraini faiq
Revinda Carina  

SURYA.co.id | SURABAYA - Briket daun kering tidak saja memberi nilai manfaat karena sampah yang semula tak dipakai bisa jadi bahan bakar briket. Namun briket daun kering ini punya nilai lingkungan. Briket ini menjawab Permasalahan lingkungan.

 "Briket punya nilai lingkungan yang tinggi. Sebab dibuat dari daun-daun kering yang biasanya sudah tidak dimanfaatkan lagi. Salut dengan Program briket daun ini," tutur Revindia Carina.

Alumnus Komunikasi Unair yang kini menempuh pendidikan pasca Sarjana di Unitomo ini jadi teringat saat kecil selalu ikut menyapu halaman rumah. Revi, sapaan akrab Revinda bahkan juga akrab dengan aktivitas lingkungan dengan biasa memanfaatkan daun-daun itu untuk pupuk kompos.

Miss Global Beauty Queen Indonesia ini seperti mendapat hal baru saat mengetahui bahwa Surabaya kini mengembangkan briket berbahan baku daun kering. Top 10 Miss Tourism Queen International (Bangkok 2018) ini mengaku penasaran.

"Saya ikut terpanggil dan tangan ini ikut gatal Pengen terjun ikut memanfaatkan dan mengembangkan daun kering jadi briket. Passion saya memang di lingkungan," kata Putri Bahari Indonesia Lingkungan 2015. 

Karena kecintaan dan pengalamannya terhadap lingkungan, semua terbawa dalam penyelesaian skripsi Revindia di Unair juga bertemakan lingkungan. Kampanye Sidoarjo Bersij dan Hijau. 

 "Bahkan thesis saya di Unitomo juga mengangkat tema lingkungan. Saya mau penyuluhan Kader Lingkungan di Sidoarjo. Briket daun kering bisa jadi tema menarik," kata Yuk Favorit Sidoarjo 2013 ini.

Alumnus SMAN 3 Sidoarjo yang kini menjadi News pesanter di JTV itu senang jika membicarakan lingkungan. Menurutnya, tema lingkungan tak ada matinya dari waktu ke waktu. Makin ke sini orang akan makin sadar lingkungan.

Aktivis Sahabat Lingkungan ini berharap inovasi briket daun kering tersebur dapat disosialisasikan melalui pelatihan-pelatihan khususnya untuk para aktivis dan kader lingkungan. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved