Berita Blitar

Pemkot Blitar Perluas Areal Parkir Kawasan Makam Bung Karno, Peziarah Rata-rata 700 - 1.000 Per Hari

Pemkot Blitar berencana memperluas areal parkir di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) di sekitar kawasan wisata Makam Bung Karno.

Pemkot Blitar Perluas Areal Parkir Kawasan Makam Bung Karno, Peziarah Rata-rata 700 - 1.000 Per Hari
surya.co.id/samsul hadi
Kondisi areal parkir di PIPP Kota Blitar. Areal parkir di PIPP sering overload karena bertambah banyaknya pengunjung di wisata Makam Bung Karno. 

SURYA.co.id | BLITAR, SURYA - Pemkot Blitar berencana memperluas areal parkir di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) di sekitar kawasan wisata Makam Bung Karno.

Kondisi areal parkir yang ada sekarang ini sering overload tidak cukup menampung kendaraan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan Pemkot Blitar berencana membeli lahan milik warga di sebelah selatan areal parkir PIPP. Lahan seluas sekitar setengah hektare itu akan dipakai untuk perluasan areal parkir di PIPP.

"Tahun ini masih dilakukan kajian. Kami sudah mengusulkan anggaran untuk kajian perluasan areal parkir PIPP di Perubahan APBD 2019," kata Tri Iman, Minggu (18/8/2019).

Dia mengakui kondisi areal parkir di PIPP sudah tidak menampung kendaraan pengunjung di Makam Bung Karno. Ketika akhir pekan dan libur panjang, areal parkir selalu penuh dengan kendaraan pengunjung. 

Rombongan pengunjung dari luar kota rata-rata membawa bus besar. Akibatnya, sebagian kendaraan pengunjung terpaksa diparkir di pinggir jalan.

"Pas ada acara haul (Bung Karno), parkiran PIPP selalu penuh. Sebagian kendaraan pengunjung harus parkir di pinggir jalan," ujarnya.

Menurutnya, jumlah pengunjung di Makam Bung Karno terus bertambah banyak. Setiap hari, rata-rata ada sekitar 700-1.000 orang pengunjung yang berziarah ke Makam Bung Karno.

"Perluasan areal parkir ini juga untuk kegiatan insidentil di PIPP. Misalnya, kalau ada pameran bisa ditempatkan di areal parkir. Jadi tidak mengganggu kios pedagang di lokasi," katanya.

Luas lahan yang akan dibeli Pemkot Blitar sekitar setengah hektare. Lahan itu diperkirakan mampu menampung sebanyak 40 unit bus dan 40 unit mobil.

"Pembangunannya akan direalisasikan pada 2020," katanya.

Selain perluasan areal parkir di PIPP, kata Tri Iman, Pemkot Blitar juga memperluas areal parkir di wisata air Sumber Udel.

Pemkot Blitar juga membeli lahan milik warga di dekat lokasi untuk memperluas areal parkir.

Proses perluasan areal parkir di wisata air Sumber Udel dilaksanakan tahun ini. Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk perluasan areal parkir di wisata air Sumber Udel. 

"Kalau perluasan areal parkir di Sumber Udel dilaksanakan tahun ini. Anggarannya sekitar Rp 1 miliar," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved