Kilas Balik

Kehebatan Strategi Supit Urang Rancangan Panglima TNI Jenderal Soedirman, Hancurkan Benteng Terkuat

Seperti ini Kehebatan Strategi Supit Urang Rancangan Panglima TNI Jenderal Soedirman, mampu Hancurkan Benteng Terkuat di Ambarawa

Kehebatan Strategi Supit Urang Rancangan Panglima TNI Jenderal Soedirman, Hancurkan Benteng Terkuat
Tribun Jabar
Jenderal Soedirman 

SURYA.co.id - Mungkin tak banyak yang pernah mendengar strategi perang "supit urang" hasil rancangan panglima TNI jenderal besar Soedirman

Meski namanya tak setenar strategi gerilya, taktik supit urang ini pernah menghancurkan serta merebut benteng terkuat penjajah Belanda di Ambarawa

Dilansir dari SOSOK.grid.id dalam artikel 'Selain Gerilya, Taktik "Supit Urang" Juga Diakui Sebagai Salah Satu Strategi Perang Terbaik Dunia', pertempuran di Ambarawa merupakan satu dari deretan perjuangan Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Begitu hebatnya Pertempuran Ambarawa telah menginspirasi TNI Angkatan Darat bahkan berbagai negara dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

Jenderal Soedirman dan rombongannya
Jenderal Soedirman dan rombongannya (Sosok.grid.id)

Secara singkat, Pertempuran Ambarawa bermula ketika tentara Sekutu yang diikuti pasukan NICA di bawah pimpinan Brigadir Jenderal Bethel mendarat di Semarang pada bulan Oktober 1945.

Kehadiran mereka awalnya disambut baik oleh Pemerintah Indonesia dengan misi mengurus tawanan perang di penjara Ambarawa dan Magelang saat masa pendudukan Jepang.

Namun nyatanya, tentara Sekutu justru membebaskan dan mempersenjatai bekas tawanan perang.

Peristiwa ini memicu insiden bersenjata di Magelang hingga meluas menjadi pertempuran antara Sekutu melawan pasukan TKR.

Insiden tersebut sempat berakhir setelah Presiden Soekarno datang ke Magelang dan berunding dengan Brigadir Jenderal Bethel.

Namun Sekutu mengingkari perjanjian tersebut dan berimbas pada pertempuran antara TKR dengan Sekutu.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved