Berita Jember

Basarnas Jember Sosialisasikan Cara Menanggulangi Bahaya Kebakaran

Basarnas Jember memiliki cara berbeda untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

Basarnas Jember Sosialisasikan Cara Menanggulangi Bahaya Kebakaran
Istimewa
Memperingati HUT ke-74 tahun ini, Pos SAR Jember sosialisasi cara menggulangi bahaya kebakaran, Sabtu (17/8/2019). 

SURYA.co.id | JEMBER - Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Basarnas Jember memiliki cara berbeda untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8/2019). Kegiatan itu berupa sosialisasi cara menanggulangi bahaya kebakaran.

"Jika biasanya HUT Kemerdekaan Indonesia diperingati dalam bentuk lomba-lomba, maka pada peringatan HUT ke-74 tahun ini, Pos SAR Jember menggantinya dengan sosialisasi cara menggulangi bahaya kebakaran,” ujar Asnawi Suroso, Koordinator Pos SAR Jember kepada Surya, Sabtu (17/8/2019).

Pembekalan kemampuan menanggulangi bahaya kebakaran ini, lanjut Asnawi, diberikan keluarga besar Pos SAR Jember. Sosialisasi khususnya disampaikan kepada para isteri personel yang tergabung dalam DWP (Dharma Wanita Persatuan) di Kantor Pos SAR Jember.

"Supaya mereka juga paham, serta tidak panik dan bisa sigap jika menghadapi kebakaran di lingkungannya," kata Asnawi.

Asnawi menegaskan kebakaran kecil yang terjadi saat para ibu memasak di dapur, bisa berpotensi menjadi kebakaran besar yang berbahaya. Hal itu bisa disebabkan oleh kepanikan para ibu yang merasa panik karena belum memiliki pengetahuan untuk menghadapi situasi tersebut.

Karenanya dalam rangkaian sosialisasi juga diberikan pembekalan materi cara mengatasi kebakaran yang bersumber dari kebocoran gas.

"Peserta sangat antusias. Para ibu anggota DWP mempraktikkan cara memadamkan kobaran api pakai cara tradisional, menggunakan karung goni yang basah, serta pemadaman api menggunakan APAR," pungkas Asnawi.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved