540 Anggota Rumah Kreatif Pemkot Surabaya Tampilkan 'Sawunggaling Anak Dunia' di Taman Bungkul

Kisah Joko Berek alias Sawunggaling ditampilkan para anggota Rumah Kreatif binaan Disbudpar Kota Surabaya di Taman Bungkul

540 Anggota Rumah Kreatif Pemkot Surabaya Tampilkan 'Sawunggaling Anak Dunia' di Taman Bungkul
ist
Kisah Joko Berek alias Sawunggaling ditampilkan oleh para anggota Rumah Kreatif binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya di Taman Bungkul, Minggu (18/8/2019) pagi. 

SURYA.co.id, SURABAYA - Kisah Joko Berek alias Sawunggaling ditampilkan oleh para anggota Rumah Kreatif binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya di Taman Bungkul, Minggu (18/8/2019) pagi.

Sebanyak 540 penampil berpakaian serba merah, membawakan pertunjukan 'Sawunggaling Anak Dunia', yang menceritakan soal Sawunggaling, anak dari Jayengrana dan Dewi Sangkrah.

Mulai dari paduan suara, penari cilik, hingga tim teater membaur secara apik membawakan kisah tentang Sawunggaling yang tak kenal lelah melawan penjajah selama menjadi Adipati Surabaya.

Menurut Kepala Disbudpar Surabaya, Antiek Sugiharti, tema 'Sawunggaling Anak Dunia' dipilih karena Sawunggaling dikenal dengan semangatnya.

"Kami pilih tema 'Sawunggaling Anak Dunia' karena sosoknya yang inspiratif yang wajib ditiru semangatnya. Jadi para penonton juga bisa tertular semangat dari pemainnya dan bisa ikut serta pentas on the spot,” katanya, Minggu (18/8/2019).

Pentas ini, kata Antiek, pertama kalinya ditampilkan di Taman Bungkul dengan kemasan berbeda.

Lewat penampilan ini, ia berharap warga Kota Surabaya bisa mengenal Rumah Kreatif dan tertarik untuk bergabung.

Bagi warga yang ingin ikut Rumah Kreatif yang sudah ada sejak tahun 2017 itu, bisa mendaftar di UPTD Tugu Pahlawan atau langsung ke Disbudpar.

"Tidak ada batasan usia bagi warga Surabaya yang ingin bergabung, ada 18 pelatihan di sana," ucapnya.

Di antaranya adalah paduan suara, tarian kreasi, reog, jaranan, karawitan, dalang, ludruk, teater, sasta, macapat, topeng, lukis, hingga hip hop.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved