Berita Jember

Serunya Penumpang KA Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di HUT RI ke-74

Kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam kereta api ini menjadi hal yang kali pertama terjadi.

SURYA.co.id | JEMBER - Lagu Kebangsaan Indonesia Raya mengalun di kereta api. Seperti yang direkam oleh sejumlah kru PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember pada Sabtu (177/8/2019).

Penumpang KA yang melantunkan lagu Indonesia Raya antara lain KA Sritanjung rute Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta, juga KA Mutiara Timur rute Surabaya - Banyuwangi dan Banyuwangi - Surabaya.

Terlihat di salah satu video di KA Sritanjung relasi Banyuwangi - Lempuyangan, para penumpang berdiri di gerbong masing-masing, kemudian bersamaan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Begitu juga di KA Mutiara Timur Siang relasi Banyuwangi - Surabaya. Beberapa menit sebelum pukul 10.00 Wib, kondektur dan polisi khusus KA berdiri di ujung rangkaian gerbong. Mereka lantas memimpin menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia tersebut.

Inilah salah satu cara PT KAI memperingati HUT RI ke-74, Sabtu (17/8/2019).

"Ya, memang kami mengajak seluruh penumpang KA yang pukul 10.00 Wib berada di dalam perjalanan, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kru yang ada di kereta seperti kondektur yang memimpin. Sebelum jam 10, diumumkan melalui pengeras suara di KA kalau akan ada kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penumpang diminta berdiri serta berpartisipasi," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif kepada Surya.co.id.

Kegiatan itu, lanjut Luqman, selain untuk membangkitkan semangat nasionalisme, juga sebagai sarana bagi penumpang yang tidak bisa memperingati HUT RI karena sedang berada di perjalanan.

Menurut Luqman, hampir semua KA di wilayah kerja PT Daop 9 Jember beroperasi saat detik-detik Proklamasi pukul 10.00 Wib.

"Yang tidak hanya Mutiara Timur Malam dan Wijaya Kusuma relasi Gubeng - Banyuwangi Baru karena beroperasi dini hari. Lainnya semuanya beroperasi, sehingga penumpangnya merayakan detik-detik proklamasi di dalam kereta api," kata Luqman.

KA yang mengajak penumpangnya melantunkan lagu Indonesia Raya yakni KA Logawa relasi Jember - Purwokerto, KA Sritanjung relasi Banyuwangi Baru - Lempuyangan, KA Tawangalun rute Banyuwangi Baru - Kota Lama Malang, Wijaya Kusuma rute Banyuwangi Baru - Cilacap, KA Probowangi rute Surabaya - Banyuwangi Baru, KA Mutiara Timur Malam (Banyuwangi Baru - Gubeng, dan Gubeng - Banyuwangi Baru), juga KA Lokal Pandanwangi rute Jember - Banyuwangi).

Kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam kereta api ini menjadi hal yang kali pertama terjadi.

"Ya baru tahun ini ada kegiatan ini," imbuh Luqman.

Sejumlah penumpang menyambut gembira kegiatan ini. Milan, seorang mahasiswi penumpang KA Mutiara Timur Siang rute Banyuwangi Baru - Surabaya, kaget dan gembira diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam KA.

"Sangat terkesan dan bangga karena bisa merayakan Hari Kemerdekaan, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam kereta api," ujar Milan yang ditemui saat KA Mutiara Timur Siang transit beberapa menit di Stasiun Jember.

Hal senada juga dilontarkan oleh Paito, penumpang KA Mutiara Timur Siang dari Banyuwangi ke Surabaya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved