Berita Mojokerto

Ribuan Lilin Bersinar Syahdu di TMP Gajah Mada Mojokerto saat Renungan Suci HUT Kemerdekaan RI ke-74

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Kemerdekaan RI ke-74 di TMP Gajah Mada Kota Mojokerto berlangsung khidmat dengan pemasangan lilin

Ribuan Lilin Bersinar Syahdu di TMP Gajah Mada Mojokerto saat Renungan Suci HUT Kemerdekaan RI ke-74
Febrianto Ramadani/TribunJatim.com
Ribuan makam pahlawan di TMP Gajahmada Mojokerto bersinar setelah dinyalakan lilin di atas pusara makam, Sabtu Dini hari (17/8/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Kemerdekaan RI ke-74 yang dilaksanakan pada Sabtu (17/8/2019) pukul 00.00 WIB di TMP Gajah Mada Kota Mojokerto berlangsung khidmat. Sebanyak 400 tokoh hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Para tokoh itu di antaranya Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Wakil Wali Kota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, puluhan veteran, dan jajaran Forkopimda Kota/Kabupaten Mojokerto. Inspektur upacara dipimpin Danrem 082/CPYJ Kolonel Arm Ruly Chandrayadi dengan komandan upacara Perwira Pertama (Pama) Polres Mojokerto Kota AKP Hudi Supriyanto.

Upacara yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 tersebut diawali dengan pemadaman lampu TMP. Setelah dilakukan pemadaman, puluhan pemuda pramuka gabungan kota dan kabupaten Mojokerto, menyalakan ribuan lilin di atas pusara para pahlawan, sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Upacara berlangsung selama 30 menit tersebut. Di TMP Gajah MAda ini terdapat 1.225 pahlawan, dengan rincian 919 pahlawan TNI, 25 pahlawan Polri, 15 pahlawan Wredatama, 84 pahlawan laskar, dan 182 pahlawan tidak dikenal.

Inspektur upacara Ruly Chandrayadi dalam amanatnya menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara, adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang saudara tempuh, adalah jalan kami juga," ucap Ruly.

Dalam upacara tersebut, seluruh peserta upacara, mendoakan, arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan YME serta, mendapatkan tempat yang baik di sisi-NYA.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved