Berita Surabaya

Operet Kemerdekaan Meriahkan HUT ke-74 RI di Taman Surya, Risma: Tak Boleh Ada Diskriminasi Talenta

Ratusan siswa SMP se-Surabaya menari sambil mengenakan pakaian adat yang menggambarkan berbagai wilayah di Indonesia

Operet Kemerdekaan Meriahkan HUT ke-74 RI di Taman Surya, Risma: Tak Boleh Ada Diskriminasi Talenta
Istimewa
Operet Kemerdekaan yang menggambarkan perjuangan sekaligus keberagaman Nusantara memeriahkan upacara HUT ke-71 RI di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (17/8/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Diiringi lagu Zamrud Khatulistiwa milik Chrisye, ratusan siswa SMP se-Surabaya menari sambil mengenakan pakaian adat yang menggambarkan berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka menari dalam Operet Kemerdekaan, yang digelar dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (17/8/2019).

Seperti Lafarista Yuliananda (15), yang menari di bawah teriknya matahari sambil mengenakan pakaian khas Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Konsep kolosalnya ini tentang perjuangan tokoh-tokoh pendahulu Surabaya, seperti HOS Tjokroaminoto. Saya jadi penari nusantara, tepatnya menampilkan NTT," tutur siswa SMP Negeri 29 Surabaya yang akrab disapa Faris tersebut.

Ia mengatakan, para penampil Operet Kemerdekaan hanya berlatih selama satu minggu di lapangan sekolahnya.

Tidak ada kesulitan yang berarti selama latihan maupun tampil menurutnya, selain cuaca yang panas.

"Kami senang karena bisa merasakan kebersamaan dengan teman-teman, mulai dari menghafal gerakan, panas-panas bareng, solidaritas dan lain-lain. Apalagi, setelah ini kami mau UNAS," ucapnya.

Usai upacara, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang berperan sebagai inspektur upacara pagi itu mengatakan, ia ingin masyarakat Surabaya unggul Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

Baginya, bila ingin unggul dalam bidang apapun, kota harus memiliki SDM yang berkualitas.

"Ke depan, kita sudah pengalaman dari negara-negara maju, kalau kita mau menang di bidang apapun, memang harus punya SDM yang berkualitas," kata Risma.

Halaman
123
Penulis: Delya Octovie
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved