Berita Surabaya

Pemkot Surabaya akan Fokus Kembangkan Mangrove Gunung Anyar, Ini Tujuannya

Sebanyak 500 peserta menanam 50.000 pohon serta menebar 15.000 benih ikan nila di Mangrove Gunung Anyar

delya octovie/surya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ikut menanam pohon di Mangrove Gunung Anyar, Jumat (16/8/2019) pagi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 500 peserta yang terdiri dari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya, gabungan perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, membanjiri Mangrove Gunung Anyar, Jumat (16/8/2019) pagi.

Dipimpin oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mereka menanam 50.000 pohon serta menebar 15.000 benih ikan nila di lahan seluas 16 hektare tersebut. Risma mengatakan fungsi mangrove memang sangat banyak, seperti menyerap limbah B3 dan juga menghasilkan oksigen.

"Dulu, banyak anak Surabaya autis, itu karena sungai tercemar limbah B3, jadi itu salah satu penyebab autis. Setelah penanaman mangrove, limbah B3 bisa terserap. Kami juga bersihkan airnya, maka kita lebih aman," katanya.

Sungai di Surabaya, lanjutnya, sudah bebas dari limbah B3 berdasarkan hasil penelitian.

Ia meyakini, ini dikarenakan akar mangrove yang menyerap limbah B3.

Tak hanya itu, mangrove juga dibutuhkan oleh ikan sebagai tempat bertelur.

Ini penting untuk masa depan warga Surabaya nantinya, supaya tak kekurangan ikan sebagai bahan pangan.

"Ikan tidak bisa bertelur kalau tidak di perairan dalam. Saya dulu suka naik perahu, itu kelihatan mereka berkembang biak di antara pohon-pohon mangrove, terlihat ikannya kecil-kecil," paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Erna Purnawati, menambahkan sebanyak lima jenis pohon mangrove yang ditanam pada pagi ini, di antaranya, Rispora Mikronanta, Rispora Spilosa, Alur, Paku Laut dan Waru.

“Kalau Rispora Mikronanta dan Spilosa ini hampir sama, bedanya hanya di warna pohon dan lebar daunnya. Mungkin 50.000 pohon lagi kira-kira yang dibutuhkan,” tandas Erna.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved