Berita Nganjuk

Lindungi Hasil Pertanian Petani, Pemkab Nganjuk Siap Patenkan Produk Bawang Merah Sehat

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat meminta Dinas Pertanian mematenkan produksi hasil pertanian komoditi bawang merah sehat dan bawa putih sehat.

Lindungi Hasil Pertanian Petani, Pemkab Nganjuk Siap Patenkan Produk Bawang Merah Sehat
Foto: humas pemkab nganjuk
PANEN RAYA – Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat dan Wakil Bupati Marhaen Djumadi menghadiri panen raya bawang merah sehat hasil panen petani di Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.co.id | NGANJUK – Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat meminta Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk mematenkan produksi hasil pertanian komoditi bawang merah sehat dan bawang putih sehat Desa Pandean Kecamatan Gondang.

Hal itu sebagai upayauntuk melindungi hasil produksi petani Kabupaten Nganjuk agar tidak ditiru petani daerah lain.

“Karena itu merupakan produk unggulan Nganjuk dan nantinya petani bisa mendapatkan royalti serta mengekspor bawang merah dan bawang putih,” kata Mas Novi, panggilan akrab Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat.

Dikatakan Mas Novi, pertanian berbasis organic dapat mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia, pupuk dan pestisida.Dan hasil pertaniannya diharapkan masuk kategori tanaman sehat.

“Jadi, proses produksi tanam yang tanpa penggunaan zat kimia itu tentunya akan menghasilkan produk sehat, dan diharapkan itu menjadi produk andalan pertanian Nganjuk,” tandas Mas Novi didampingi Wabup Marhaen Djumadi.

Di samping itu, tambah Mas Novi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk akan menyiapkan gudang penyangga yang berfungsi untuk menstabilkan harga bawang. Pemerintah juga akan memfasilitasi pinjaman lunak dari Bank Jatim dengan bunga sangat rendah.

“Pemerintah juga akan mempersiapkan bantuan modal khusus petani berupa Kartu Nganjuk Mandiri yaitu modal usaha di bidang pertanian,” imbuh Mas Novi.

Penyokong Nasional
Mas Novi berharap agar hasil pertanian bawang merah maupun bawang putih bisa meningkat dari 14.000 hektare ke 18.000-20.000 hektare, agar Nganjuk menjadi penyokong utama bawang merah di tingkat nasional.

Ditambahkan Wabup MarhaenDjumadi, pengembangan produk bawang merah sehat menjadi salah satu visi dan misi kepala daerah dalam bidang pertanian. Dimana, pengembangan tanaman bawang merah sehat tanpa menggunakan zat kimia dalam pemupukan dan perawatan akan menghasilkan komoditas sehat bagi masyarakat.

“Yang pasti, pertanian sehat merupakan prospek yang luar biasa sebagai bagian dari upaya mewujudkan swa sembada pangan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nganjuk,” tutur Marhaen Djumadi. (aru/fae/*)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved