Berita Tuban

Jadi Proyek Strategis Nasional, Polres Tuban Amankan Pembangunan Kilang Minyak di Kecamatan Jenu

Polres Tuban ikut menaruh perhatian atas proses tahapan pengerjaan kilang minyak grass root refinery (GRR)

Jadi Proyek Strategis Nasional, Polres Tuban Amankan Pembangunan Kilang Minyak di Kecamatan Jenu
surya/m sudarsono
Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono 

SURYA.co.id | TUBAN - Polres Tuban ikut menaruh perhatian atas proses tahapan pengerjaan kilang minyak grass root refinery (GRR), yang berada di Desa Wadung, Sumurgeneng dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu. Proyek yang digadang-gadang akan menyerap ribuan tenaga kerja itu kini telah memasuki tahap sosialisasi tata cara pelaksanaan pengadaan tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, mengatakan pihaknya akan mengawal berjalannya proyek kilang minyak patungan antara Pertamina dan Rosneft asal Rusia tersebut. Dijelaskannya, jika saat ini pihak BPN juga sudah berkoordinasi meminta bantuan pengamanan saat proses berkaitan tanah berlangsung.

"Pihak BPN meminta dukungan ke kami, dan kami tentu siap untuk mengamankan proyek negara," kata Nanang, Jumat (16/8/2019).

Nanang menjelaskan setelah tahap sosialisasi pengadaan lahan selesai, maka berikutnya akan dilakukan pengukuran.

Sementara sampai sejauh ini masih dilakukan sosialisasi.

Sampai sekarang pihak Polres juga belum menerima informasi adanya warga pemilik lahan yang menolak kilang tersebut.

"Yang jelas tak hanya kami yang siap mengamankan, TNI Polri siap mengamankan kilang yang jadi proyek strategis nasional tersebut," pungkasnya.

Sekadar diketahui, opsi lokasi pembangunan kilang minyak ini membutuhkan lahan sekitar 841 hektare, rinciannya lahan KLHK 348 hektare, dan lahan warga 493 hektare, meliputi Desa Wadung, Sumurgeneng, dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu. 

Sebelumnya kilang akan ditempatkan di Desa Remen dan Mentoso membutuhkan lahan 548 hektare, rinciannya lahan KLHK 348 hektare, dan lahan warga sekitar 200 hektare lebih, namun tak kunjung selesai pembebasannya sehingga dialihkan di tiga Desa tetangga.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved