Mengintip Daftar Kandidat Kuat Pengganti Soekarwo Sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim

Pengamat politik dari Unair, membedah sosok-sosok yang berpeluang menggantikan Soekarwo sebagai ketua DPD Partai Demokrat. Siapa saja?

Mengintip Daftar Kandidat Kuat Pengganti Soekarwo Sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim
surya/bobby constantine
Mantan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo menyebut beberapa latar belakang yang bisa menggantikan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo yang kini mengundurkan diri.

Demokrat sebagai partai dengan tradisi pengaderan terbuka, disebut dapat menerima berbagai kader kandidat dari berbagai latar belakang.

Berikut penjelasan Suko kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (15/8/2019).

1. Kalangan Milenial

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat berbicara di ajang WISH Festival 2019 di Surabaya, Sabtu (20/4/2019)
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat berbicara di ajang WISH Festival 2019 di Surabaya, Sabtu (20/4/2019) (ist)

"Masa depan adalah masanya kalangan milenial. Mas Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jatim) dalam konteks masa depan milenial cukup memiliki magnet. Saya sepakat. Boleh juga untuk milenial.

Apalagi, kedepan adalah saatnya generasi Z dan Alpha. Sementara Mas Emil, masuk mewakili generasi X.

Selain itu, saat ini hampir 40 persen pemilih adalah anak muda. Tahun depan anak muda hampir 50 persen pemilih. Sehingga, dibutuhkan figur berwawasan milenial.

Di samping Mas Emil, ada Mas Renville Antonio (Sekretaris DPD Demokrat Jatim). Namun, sekarang momentumnya lebih pas untuk Mas Emil."

2. Mantan Birokrat

Nurwiyatno
Nurwiyatno (SURYA.co.id/Fatimatus Zahroh)

"Banyak kader Demokrat berlatarbelakang mantan birokrat. Sebagai catatan, mantan birokrat bisa memimpin sebuah partai. Misalnya saja Pakde Karwo (Soekarwo, Ketua DPD Demokrat Jatim sebelumnya) yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Jatim.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved