Bupati Sidoarjo Bersikeras Bangun Rumah Sakit Sidoarjo Barat Pakai Skema KPBU

"KPBU jalan terus. Karena sistem ini yang terbaik untuk Sidoarjo. Kami sudah lakukan kajian panjang dan melalui sejumlah tahapan untuk merealisasikan"

Bupati Sidoarjo Bersikeras Bangun Rumah Sakit Sidoarjo Barat Pakai Skema KPBU
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, dalam sebuah pertemuan. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah bersikeras ingin membangun Rumah Sakit Sidoarjo barat menggunakan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha).

Penolakan dari kalangan DPRD Sidoarjo yang terus kencang hingga sekarang, sepertinya tak membuat Pemkab Sidoarjo berubah pikiran membangun menggunakan APBD sebagaimana rekomendasi dewan.

"KPBU jalan terus. Karena sistem ini yang terbaik untuk Sidoarjo. Kami sudah melakukan kajian panjang dan melalui sejumlah tahapan untuk merealisasikan ini," ujar Bupati Saiful Ilah, Kamis (15/8/2019).

Dalam kajian ekonomi, KPBU dirasa sangat menguntungkan. Sebab seluruh kebutuhan sudah disediakan konsorsium. Mulai dari penyiapan anggaran, SDM, alat kesehatan, pembangunan, hingga pengelolaan.

Sedangkan kajian hukum, skema ini juga disebut telah sesuai dengan semua ketentuan yang ada. Payung hukumnya juga jelas, sebagaimana Permenkes 40/2018.

"Pelayanannya juga bakal lebih maksimal karena ditangani ahlinya. Dan pemerintah tetap bisa mengontrol karena ada UPT yang dibentuk untuk menanganinya," lanjut Bupati dua periode tersebut.

Selain itu, pihaknya juga memaparkan berbagai alasan untuk tetap bersikeras menggunakan KPBU. Bahkan jika dewan periode sekarang menolak, Pemkab bakal menunggu dewan yang baru.

Ya, tanggal 21 Agustus 2019 nanti anggota DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 hasil Pileg 2019 dilantik. "Kami ajukan lagi, sampai disetujui," lanjut dia.

Meski KPBU itu dibiayai pihak ketiga, tetap harus ada persetujuan dewan. Ini karena berkaitan dengan sistem pembayaran availability payment atau utang pelayanan.

Bupati mengungkapkan, sudah dua kali menyurati dewan untuk meminta jawaban terkait PKS (perjanjian kerjasama) tentang KPBU.

"Tapi sampai sekarang belum dijawab oleh dewan," tukas Saiful Ilah.

Terpisah, Ketua DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan menyatakan bahwa sejauh ini memang belum membahas surat dari Pemkab Sidoarjo itu dengan anggotanya.

"Saya mendukung pembangunan rumah sakit dengan KPBU. Tapi surat itu sengaja belum saya bahas dengan teman-teman di dewan karena sejak beberapa waktu lalu saya tahu bahwa hasilnya jelas akan ditolak oleh mayoritas anggota dewan," jawab Wawan, panggilan Sullamul Hadi Nurmawan.

Dia mengaku masih mencari waktu yang yang pas untuk membahas ini dengan anggotanya. Agar hasilnya, pengajuan KPBU bisa disetujui dewan.

Selama ini memang dewan dan pemkab kerap berbeda pandangan. Terkait rencana pembangunan rumah sakit barat, mayoritas anggota dewan meminta dibangun menggunakan uang APBD. Sementara Pemkab ngotot pakai KPBU.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved