Berita Sidoarjo

Wabup Sidoarjo Apresiasi Festival Sampah di TPST Janti Berseri

Pemerintah Desa Janti, Kecamatan Waru, Sidoarjo, menggelar Festival Sampah 2019. Festival ini mendapat apresiasi dari Pemkab Sidoarjo

Wabup Sidoarjo Apresiasi Festival Sampah di TPST Janti Berseri
tribun jatim/kukuh kurniawan
Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin saat meninjau estival sampah Desa Janti, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu (14/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemerintah Desa Janti, Kecamatan Waru, Sidoarjo, menggelar Festival Sampah 2019, Rabu (14/8/2019).

Festival digelar di halaman depan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Janti Berseri.

Dalam festival tersebut dipamerkan berbagai barang daur ulang sampah yang berasal dari TPST. Seperti celemek yang berasal dari bungkus plastik deterjen, pupuk kompos, dan pupuk cair.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin yang membuka acara tersebut mengaku kagum terhadap berbagai hasil dari daur ulang sampah.

"Ternyata sampah bila didaur ulang dapat membawa banyak manfaat. Contohnya pupuk kompos dan pupuk cair yang bisa digunakan untuk pertumbuhan tanaman," ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Ia menjelaskan terkait masalah sampah, hendaknya di tiap desa harus dibangun TPST.

"Karena dengan adanya TPST maka sampah dapat dijadikan sesuatu yang berguna. Sehingga diharapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi tak penuh. Karena masalah sampahnya telah tertangani di tiap desa," jelasnya.

Bagi Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini, festival sampah di Desa Janti bisa menjadi contoh untuk TPST di desa lainnya.

"Dengan adanya festival seperti ini dapat mengedukasi dan memotivasi masyarakat terkait masalah sampah. Sehingga secara tak langsung masyarakat ikut tergerak dan peduli terhadap masalah sampah," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Janti, Al Irsyad mengaku kegiatan ini merupakan tindakan nyata dari masyarakat Desa Janti terhadap permasalahan sampah.

"Sampah tidak hanya dijadikan sebagai sebuah wacana saja tetapi perlu tindakan nyata. Karena niat tulus bebas dari sampah harus diawali dari diri sendiri," pungkasnya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved