BPN Siapkan Digitalisasi Layanan Pengurusan Sertifikat Tanah

Badan Pertanahan Nasional sedang menyiapkan program digitalisasi dalam proses pengurusan sertifikat tanah bagi masyarakat.

BPN Siapkan Digitalisasi Layanan Pengurusan Sertifikat Tanah
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana peresmian kantor baru BPN Sidoarjo, Rabu (14/8/2019). Di kesempatan ini juga dibagikan 1.000 sertifikat hak milik masyarakat Sidoarjo. 

SURYA.co.di | SIDOARJO - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) sedang menyiapkan sistem berbasis digital untuk memudahkan layanan pengurusan sertifikat tanah.

Menurut Sekretaris Kementrian ATR/BPN, Arief Sugoto, dalam waktu dekat pihaknya bakal memaksimalkan pelayanan di kantor pertanahan berbasis online melalui program digitalisasi sertifikat yang sudah dicanangkan dalam RUU Pertanahan.

"Dari proses layanan pengajuan hingga pengarsipan bakal dilakukan secara digital. Mengikuti perkembangan zaman," ungkap Arief Sugoto di sela acara peresmian Kantor Pertanahan Sidoarjo, Rabu (14/8/2019).

Sistem baru tersebut sedang disiapkan, data dan sistem digitalisasi arsip pertanahan bakal online semua.

"Untuk memudahkan proses pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Terlebih, angka pertumbuhan penduduk di Sidoarjo yang mencapai 7 persen sehingga memerlukan proses administrasi yang cepat dan sistematis.

"Salah satunya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga membagikan 1000 sertifikat tanah milik masyarakat. Ini merupakan sertifikat dalam program PTSL yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu.

Sejauh ini, menurut dia, di Sidoarjo ada sekitar 575 ribu dari 781 ribu bidang tanah yang sudah bersertifikat. Dan diharapkan, pada tahun 2025 nanti seluruh tanah di Kota Delta memiliki sertifikat kepemilikan, sebagai salah satu program percepatan pembangunan.

Sekarang ini, ATR/BPN Sidoarjo menempati kantor baru di kasawan Lingkar Timur.

Bangunannya jauh lebih luas dibanding kantor yang lama. Luas bangunan kantor baru ini mencapai 2.571 meter persegi.

"Semoga gedung baru ini bisa menjadi semangat baru untuk meningkatkan layanan pengurusan sertifikat kepada masyarakat Sidoarjo. Serta meningkatkan semangat para pegawai dalam memberi layanan prima kepada masyarakat," ujar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang juga hadir di acara peresmian tersebut.

Disebutnya, dari 18 wilayah kecamatan yang ada di Sidoarjo, tentu semua membutuhkan layanan di bidang administrasi kepemilikan tanah. Semakin bagus gedung pelayanannya, diharap semakin bagus pula kualitas layanan kepada masyarakat.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved