Berita Malang Raya

Warga Bakal 'Urunan' untuk Bangun Kereta Gantung, Gubernur Khofifah: Kota Batu Itu Keren

Warga Kota Batu bakal urunan untuk membangun ikon wisata baru berupa cable car atau kereta gantung.

Warga Bakal 'Urunan' untuk Bangun Kereta Gantung, Gubernur Khofifah: Kota Batu Itu Keren
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan juga Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (13/8/2019). 

SURYA.co.id | KOTA BATU - Warga Kota Batu bakal urunan untuk membangun ikon wisata baru berupa cable car atau kereta gantung. Nantinya, kereta gantung itu bakal dibangun dari Kota Batu hingga ke Gunung Panderman.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan pembiayaan kereta gantung ini sudah disetujui untuk dibiayai masyarakat Kota Batu. Nantinya, masyarakat akan diberikan kesempatan dan kebebasan mau menyumbang berapapun untuk kereta gantung ini.

"Kami akan punya kereta gantung dari bawah sampai ke Panderman. Sekarang on progress. Ini akan menjadi ikon membanggakan untuk kota wisata Batu," kata Dewanti di Graha Pancasila di sela acara Hari Veteran Nasional, Selasa (13/8/2019).

Ia mengaku sudah berkonsultasi juga dengan OJK dan mereka menyambut baik atas rencana Pemkot Batu.

Nanti akan dibuat koperasi dan juga mekanisme adiministratif yang lain.

"Semua masyarakat Kota Batu dipersilakan untuk ikut menyumbang. Daan urunan itu akan menutup anggaran yang dibutuhkan untuk pembanguna kereta gantung. Mau menyumbang Rp 300 ribu atau Rp 500 ribu juga boleh," ucapnya.

Jika hasil urunan swadaya masyarakat Kota Baru masih kurang untuk menutup biaya pembangunan kereta gantung, Dewanti mengungkapkan sudah ada investor yang siap menutup kebutuhan pembiayaan kereta gantung.

Pembangunan kereta gantung ini bakal dilakukan dua tahap.

Tahap pertama sekitar 8 kilometer dengan stasiun pertama ada di Desa Pendem karena pintu masuk pertama masuk ke Kota Batu yang kemudin dibangun hingga Panderman Hill di Desa Oro-Oro Ombo.

Bakal ada tiga stasiun pemberhentian di sepanjang jalur kereta gantung, yaitu di Desa Tlekung, Desa Oro-oro Ombo, dan di sekitar Panderman Hill.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved