Pilwali Blitar 2020

Tak Ada Alokasi, Tahapan Sosialisasi Pilwali Blitar 2020 'Numpang' Kegiatan OPD

Anggaran Pilwali Blitar 2020 yang awalnya direncanakan menggunakan sistem tahun jamak atau multiyears gagal

Tak Ada Alokasi, Tahapan Sosialisasi Pilwali Blitar 2020 'Numpang' Kegiatan OPD
Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Hadi
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam. 

SURYA.co.id | BLITAR - Anggaran Pilwali Blitar 2020 yang awalnya direncanakan menggunakan sistem tahun jamak atau multiyears gagal. Anggaran Pilwali Blitar akhirnya dilaksanakan satu tahun pada 2020.

Padahal, tahapan Pilwali Blitar 2020 dimulai pada September 2019. KPU Kota Blitar juga sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk melaksanakan tahapan Pilwali pada 2019.

Anggaran itu untuk sosialisasi, honor pegawai, dan pembentukan kelompok kerja (Pokja). Karena tidak ada anggaran, KPU Kota Blitar tidak bisa menjalankan semua tahapan Pilwali Blitar pada tahun ini.

"Untuk tahapan Pilwali Blitar tahun ini tidak ada alokasi anggaran. Anggaran Pilwali hanya dilakukan satu tahun pada 2020. Karena tidak ada dasar hukum untuk menganggarkan dana Pilwali menggunakan sistem multiyears," kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam, Selasa (13/8/2019).

Umam mengatakan ada beberapa tahapan yang tidak bisa dijalankan oleh KPU, misalnya, soal pembentukan kelompok kerja otomatis tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada anggaran.

"Kalau sosialisasi, kami akan kerja sama dengan OPD. Misalnya, OPD ada kegiatan, kami akan numpang untuk melakukan sosialisasi soal Pilwali," katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mengusulkan anggaran sekitar Rp 13 miliar untuk penyelenggaraan Pilwali Blitar 2020.

Usulan anggaran itu dua kali lipat lebih besar dibandingkan pada pelaksanaan Pilwali Blitar 2015 yang hanya sekitar Rp 6,5 miliar.

Membengkaknya anggaran Pilwali Blitar 2020 ini salah satunya untuk pengadaan kebutuhan logistik dalam proses pemungutan suara.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved