Berita Malang Raya

Khofifah Harap Veteran RI Bisa Ajari Generasi Milenial Bangun Nilai Perjuangan dan Bela NKRI

Gubernur Khofifah ajak Veteran Jatim ajari para millenial nilai kebangsaan dan cinta NKRI

Khofifah Harap Veteran RI Bisa Ajari Generasi Milenial Bangun Nilai Perjuangan dan Bela NKRI
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama para veteran dalam acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan dengan mengumpulkan ratusan veteran se Jawa Timur di Graha Pancasila Balai Kota Batu, Selasa (13/8/2019). 

SURYA.co.id | KOTA BATU - Gubernur Khofifah Indar Parawansa ingin agar para millenial Jawa Timur bisa merasakan dan mendapatkan transformasi nilai-nilai perjuangan dari para pelaku asli pejuang kemerdekaan, yakni para veteran.

Untuk itu, pada hari kemerdekaan RI ke 74 ini, Pemprov Jawa Timur menggandeng Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) pusat untuk bisa melaksanakan training for trainer bagi para siswa di Jawa Timur agar mendapatkan transformasi nilai-nilai perjuangan dan juga semangat bela NKRI.

"Betapa face to face seperti hari ini tetap penting. Akan berbeda yang masuk di top of mind anak-anak jika googling tentang hari veteran, tentang perjuangn melawan tentara asing. Ketika bertemu langsung dengan pejuang yang berproses langsung melawan pasukan asing, maka mereka akan terhayati bahwa ooh bendera merah putih ini bisa berkibar begini bukan karena gratisan," kata Gubernur Khofifah di peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan dengan mengumpulkan ratusan veteran se Jawa Timur di Graha Pancasila Balai Kota Batu, Selasa (13/8/2019).

Karenanya, transfer nilai perjuangan para pelaku asli sejarah dalam memperkuangkan kemerdekaan diinginkan Khofifah bisa dilakukan para veteran ke generasi millenial Jawa Timur.

Pemprov akan menyiapkan tutor untuk dapat melakukan ToT langsung dari LVRI dan didesiminasikan ke sekolah-sekolah.

Ini agar transformasi nilai perjuangan dan komitmen membangun NKRI bisa tersampaikan ke anak-anak didik di sekolah-sekolah Jawa Timur.

"PR kita saat ini adalah bagaimana mendesiminasikan dan mentranformasikan nilai perjuangan dan pengorbanan ke generasi millenial kita. Mereka meski masuk sebagai gig worker, masuk ke lingkungan digital ekonomi, bagian dari start up, di sektor apapun kita ingin mereka tetap mampu menjaga NKRI dan Pancasila," tandasnya.

Sementara itu Khofifah juga mengapresiasi veteran di Kota Batu mendapatkan fasilitas rumah dari Pemkot Batu.

Menurutnrya fasilitas rumah dari Pemkot Baru menjadi sebuah sapaan yang heroik.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan pihaknya membangunkan 24 unit rumah untuk para veteran sebagai bentuk perhatian pemkot pada mantan pejuang kemerdekaan.

"Kami memberikan rumah bagi veteran sebagai bentuk perhatian kami pada veteran. Itupun kami mampu memberikan fasilitas rumah karena kebetulan jumlahnya veteran di Kota Baru tidak banyak," kata Dewanti Rumpoko.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved