Berita Gresik

Jadi Langganan Banjir, Pemkab Gresik Siap Sharing Anggaran dengan BBWS

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, pembebasan lahan wilayah sungai di Gresik merupakan wewenang BBWS.

Jadi Langganan Banjir, Pemkab Gresik Siap Sharing Anggaran dengan BBWS
surya.co.id/sugiyono
BANJIR - Banjir saat melanda Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Gresik beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | GRESIK - Banjir setiap tahun menimpa masyarakat Gresik akan terus berlangsung, sebab Pemkab Gresik hanya bersedia sharing anggaran dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk pembebasan lahan di bantaran sungai.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, pembebasan lahan wilayah sungai di Gresik merupakan wewenang BBWS. Sehingga Pemkab Gresik tidak menyediakan anggaran khusus untuk pembebasan lahan.

Namun, Pemkab Gresik siap untuk sharing anggaran dengan BBWS.

"Lahan banjir di (DAS) daerah aliran sungai Bengawan Solo, pembebasan lahan menjadi kewenangan BBWS. Pemerintah Kabupaten Gresik siap sharing anggaran untuk pembebasan lahan," kata Sambari usai rapat paripurna dengan DPRD Gresik, Selasa (13/8/2019).

Lebih lanjut, Sambari juga mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD) tidak akan cukup untuk membebaskan lahan sepanjang Kali Lamong dan sungai wilayah Das Bengawan Solo.

"APBD kita kalau untuk membebaskan lahan sepanjang itu tidak ada duit. Kita cukup sharing dengan BBWS," katanya.

Dalam paripurna DPRD Gresik terhadap APBD Perubahan, fraksi-fraksi jarang menyinggung soal bencana banjir yang terjadi setiap tahun.

Anggota DPRD Gresik banyak mengkritisi tentang dana bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA), penyediaan air bersih, penerangan jalan umum, parkir, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Dinas Perhubungan.

"Tolong ini ditindak lanjuti bagi kepala OPD (Organisasi kepala daerah). Kerasnya - kerasan kami. Kami, DPRD dan eksekutif adalah satu mitra yang tidak dipisahkan," katanya.

Kepala Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik Nurul Yatim mengatakan, bakal calon Bupati dan wakil Bupati Gresik periode 2020-2025 akan didukung masyarakat jika mempunyai visi dan misi penuntasan masalah banjir.

"Kita akan dukung calon Bupati dan wakil Bupati yang mempunyai visi misi menuntaskan masalah banjir," kata Nurul Yatim. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved