Bayi Kembar Siam Asal Kendari Akan Jalani Operasi Pemisahan Selama 12 Jam

70 dokter RSUD Dr Soetomo akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kendari, Azila dan Aqila. Operasi diperkirakan berlangsung 12 jam.

Bayi Kembar Siam Asal Kendari Akan Jalani Operasi Pemisahan Selama 12 Jam
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Tim dokter RSUD dr Soetomo sedang melakukan simulasi penanganan bayi kembar siam untuk pemisahan yang akan dilakukan pada Rabu (14/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

SURYA.co.id | SURABAYA - Tim RSUD Dr Soetomo akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kendari, Azila dan Aqila, Rabu (14/8/2018).

Bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino) itu sebelumnya telah dirujuk ke RSUD Dr Soetomo sejak 1 Agustus 2019.

"Besok (14/8/2019), kami persiapan dari ruangan jam 6.30 WIB," kata Humas RSUD Dr Soetomo, Dr Pesta Parulian Manurung, Selasa (13/8/2019).

Operasi pemisahan bayi kembar siam tersebut akan dilakukan oleh tim yang beranggotakan 70 dokter.

"Operasi akan dilakukan selama 12 jam," tambah Pesta.

Sementara itu Ketua Tim Bayi Kembar Siam, Dr Agus Harianto mengatakan hasil observasi bayi Aqila dan Azila berjalan dengan baik begitupun kondisi bayi yang dinyatakan sehat.

"Kondisi umum keadaan bayi sehat, hasil pemeriksaan laboratorium fungsi ginjal hati dalam keadaan normal. Bayi Aqila Azila makan minum bagus, tidur dalam keadaan cukup tidak rewel," kata Agus.

Sementara secara teknis,  dari 70 dokter itu akan dibagi menjadi dua tim masing-masing 35 dokter untuk Aqila maupun Azila.

"Masing-masing tim berjumlah 35 orang dokter, perawat dan anastesi. Kedua tim akan siaga untuk melakukan operasi," pungkas Agus.

Tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo Adakan Gladi Bersih Pemisahan Kembar Siam dari Kendari

Masih Ada 3 Bayi Kembar Siam Menanti Dipisahkan di RSUD Dr Soetomo

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved