Sambang Kampung

Sambang Kampung Lawang Seketeng, Pemkot Surabaya Angkat 'Sate Manggul' Jadi Wisata Kuliner Unggulan

Pemkot Surabaya tengah mengupayakan pembangunan spot wisata di kampung lawas Lawang Seketeng.

Sambang Kampung Lawang Seketeng, Pemkot Surabaya Angkat 'Sate Manggul' Jadi Wisata Kuliner Unggulan
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi (kiri) sedang memberikan paparan dengan tema Menuju Surabaya Modern yang digelar oleh Kompi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya tengah mengupayakan pembangunan spot wisata di kampung lawas Lawang Seketeng. Kampung ini secara khusus bakal diinisiasi untuk terangkai dalam rangkaian kampung heritage Surabaya.

Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan kampung Lawang Seketeng memiliki banyak potensi situs heritage, salah satunya adalah Langgar Dukur Kayu. Situs tersebut telah rampung direnovasi dan juga dibuat lebih bersih dan indah.

Eri menuturkan Pemkot akan kembali turun dan menata lingkungannya agar menjadi kawasan wisata yang aman dan nyaman bagi para pengunjungnya. Mulai dari infrastruktur hingga sumber daya manusianya.

Sambang Kampung Lawang Seketeng, Kampung Tempat Bung Karno dan Bung Tomo Salat di Surabaya

"Sekarang kami sudah tata Lawang Seketeng. Nantinya, ada bagian membuat saluran, memperbaiki saluran, pembenahan, dan penataan kamar mandinya untuk tempat wisata, juga ada tempat pembentukan kader kader untuk wisatanya," kata Eri, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, saat ini yang dilakukan Pemkot Surabaya adalah bagaimana caranya pengembangan wisatanya.

Selain situs beraejarahnya, yang juga ingin dimaksimalkan adalah potensi kulinernya, salah satunya ada sate manggul.

Sebab, sate manggul itu adalah saalah satu kuliner kelas Kampung Lawang Seketeng.

Rencananya, Pemkot Surabaya bakal kemas ini menjadi kuliner unggulan Kampung Lawang Seketeng.

"Sate manggul itu produknya warga juga, jadi ini kita juga dengan RW setempat sudah intens untuk membangun. Insyaallah akhir Agustus ini kawasan wisata di Lawang Seketeng bisa ditungsikan," tandas Eri.

Harapan warga yang ingin agar kampungnya bisa tertata dan bisa menjadi lokomotif penggerak ekonomi warga akan diupayakan Pemkot Surabaya bisa terwujud.

Sebab, jika warganya berdaya, maka masyarakat Kota Surabaya juga akan kuat secara ekonomi dan yang tak kalah pentingnya adalah warisan heritage nya bisa terus dilestarikan dan tidak tergerus kemajuan kota.

"Kami Pemerintah Kota sebagai fasilitator untuk pengembangan Kota Surabaya. Saat ini kita juga mencoba membuat web untuk pengembangan Lawang Seketeng dengan melibatkan masyarakat lawang seketeng di sana," pungkas Eri.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved