Kuliner Gratis & Via Vallen Bakal Ramaikan Pesta Rakyat 17 Agustus di Jl Gubernur Suryo

Pemprov Jatim akan menggelar pesta rakyat dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74. Bakal ada Via Vallen dan kuliner gratis.

Kuliner Gratis & Via Vallen Bakal Ramaikan Pesta Rakyat 17 Agustus di Jl Gubernur Suryo
tribun images
Via Vallen akan meramaikan Pesta Rakyat 17 Agustus 2019 di Jl Gubernur Suryo, Surabaya. 

SURYA.co.di | SURABAYA - Segenap warga Jawa Timur diundang Pemerintah Provinsi Jatim untuk merayakan HUT RI ke-74 dalam Pesta Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis pada hari Sabtu (17/8/2019), petang.

Di hari tersebut mulai sore hari, sepanjang Jalan Gubernur Suryo akan dipenuhi dengan hiburan musik jalanan, penampilan barongsai, penampilan musik dan  ribuan kuliner gratis yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Bahkan penyanyi dangdut ibu kota asal Jawa Timur, Via Vallen, juga bakal hadir menghibur para masyarakat yang hadir merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan acara Pesta Rakyat dan Kuliner Gratis ini sengaja diselenggarakan khusus untuk memeriahkan HUT RI ke 74. Ia ingin agar masyarakat Jatim benar-benar merasakan meriahnya peringatan hari kemerdekaan dan membangun semangat kebangsaan NKRI.

"Sebenarnya banyak sekali masyarakat yang ingin ikut merayakan HUT RI. Tanggal 17 Agustus ini kan ekspresi merah putih, ekspresi NKRI, maka saya rasa ekspresi dari lagu-lagu Gombloh, akan membangun heroisme yang luar biasa," kata Khofifah, Senin (12/8/2019).

Khusus untuk kuliner gratis yang bakal disediakan di acara tersebut Khofifah menyebutkan bahwa semuanya adalah hasil urunan dari kantong pribadi pejabat Pemprov Jawa Timur.

Bahkan mereka diberi kebebasan untuk menyumbangkan kuliner apa sesuai dengan kemauan dan kemampuan. Khofifah sendiri menyebut bahwa ia akan menyumbang Lontong Kupang dan es krim.

Berdasarkan data rekapan jelang acara tersebut setidaknya ada 66 stan makanan yang bakal tersaji hasil urunan pejabat pemprov. Mulai nasi krawu, soto ayam, hingga sate ayam juga bakal tersaji.

"Kita saling urunan. Saya juga ditanya urunan apa, saya bilang, saya lontong kupang deh. Tapi saya pastikan itu dari pribadi," kata Khofifah.

Kata Khofifah, metode ini mendatangkan 'gravitasi keguyupan' yang luar biasa. Banyak rekan dari wilayah yang jauh dari Surabaya yang ikut menyumbang dalam kuliner gratis. Ada yang ikut menyumbang kerupuk uyel, menyumbang tape dari Bondowoso dan sejumlah sumbangan kuliner yang lain.

"Kediri ada yang menyumbang kerupuk 'tayammum'. Lalu Bondowoso menyumbang tape. Saya terenyuh. Ini menggetarkan. Yang relatif jauh ternyata gravitasinya kuat. Betapa di momen yang penting ini ayo menarik rasa kebersamaan," kata Khofifah yang juga mantan Menteri Sosial ini.

Pesta rakyat dan kuliner gratis ini diselenggarakan setelah ucapara penurunan bendera. Khofifah akan mengundang orang-orang yang sudah lama tak upcara untuk ikut upacara penurunan bendera. Yang kemudian dilanjutkan dengan pesta rakyat dan kuliner gratis.

"Via Vallen akan hadir," tegas Khofifah tersenyum.

Khofifah berpesan momen peringatan hari kemerdekan harus dijadikan momen membangun semangat kebangsaan agar semakin kental rasa ber Indonesia.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved