Berita Surabaya

Sapi Jokowi akan Disembelih Besok di Masjid Al Akbar Surabaya, Siapkan Ribuan Besek Ramah LIngkungan

Hewan kurban milik Presiden Jokowi dan juga Gubernur Khofifah Indar Parawansa bakal disembelih besok Senin (12/8/2019) pagi pukil 06.00 WIB

Sapi Jokowi akan Disembelih Besok di Masjid Al Akbar Surabaya, Siapkan Ribuan Besek Ramah LIngkungan
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Sapi kurban Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah tiba di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat (9/8/2019).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Hewan kurban milik Presiden Jokowi dan juga Gubernur Khofifah Indar Parawansa bakal disembelih besok Senin (12/8/2019) pagi pukil 06.00 WIB. Penyembelihan dilakukan besok dengan harapan panitia siap dan tidak terbagi dengan kesibukan menyiapkan salat Idul Adha.

Panitia kurban akan mendistribusikan langsung daging kurban ke rumah rumah warga yang membutuhkan sesuai dengan hasil verifikasi dari kelurahan dan kecamatan setempat. Mereka adalah warga tidak mampu

"Per paket daging kurban akan berisi 1.5 kilogram daging. Tidak ada pembagian daging kurban di masjid. Tapi kami yang langsung mendatangi warga penerima daging kurban," kata Sekretaris Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Helmy M Noor, Minggu (11/9/2019).

Tak hanya itu, Masjid Nasional Al Akbar berkomitmen untuk melangsungkan penyembelihan hingga pembagian daging kurban dengan cara yang higienis dan ramah lingkungan.

Setidaknya ada sebanyak 3.000 besek yang sudah disediakan untuk membagikan daging kurban untuk masyarakat.

Namun ternyata menyediakan besek yang ramah lingkungan alih-alih plastik tersebut bukanlah hal yang mudah.

Badan pengelola Masjid Nasional Al Akbar mengaku sempat kesulitan mendapatkan pemenuhan kebutuhan besek untuk membagikan dagjng kurban.

Helmy mengatakan bahwa tahun lalu ada sebanyak 2.400 paket kurban yang dibagikan ke masyarakat.

Tahun ini badan pengelola menyediakan sebanyak 3.000 besek untuk paket daging kurban.

"Kami sangat kesulitan memang dalam mendapatkan besek untuk daging kurban. Kita berburu di banyak tempat. Karena rata rata yang menyediakan hanya mampu 100 200 besek. Tapi alhamdulillah kita akhirnya dapat di pelosok Tulungagung," kata Helmy.

Perajin besek Tulungagung mampu menyediakan besek dalam jumlah besar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Masjid Nasional Al Akbar yang menyembelih 30 ekor sapi dan 90 ekor kambing.

Dalam pembagian daging kurban, di dalam satu besek juga dilapisi dengan daun jati.

Daun jati tersebut berasal dari sumbangan warga dari Bojonegoro, sehingga Helmy memastikan bahwa pembagian daging kurban di sini akan ramah lingkungan.

"Kita juga berkomitmen penyembelihan juga dilakukan dengan ramah lingkungan. Kotoran hewan akan diolah menjadi kompos. Dan jeroannya jjmuga diolah setengah matang, jadi tidak ada yang dibuang," tegasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved